Domba mengalami Keguguran Setelah diberi Pakan Fermentasi

Seorang teman peternak domba, mengatakan bahwa pagi tadi dombanya mengalami keguguran, hal ini terjadi setelah dia memberikan pakan fermentasi pada domba tersebut.

Peternak lain yang mendengar hal tersebut mengatakan, bahwa domba yang diberi pakan fermantasi kondisinya sama seperti memberi makan banyak tape kepada ibu hamil. Jadi, akibatnya bisa buruk jika terlalu banyak.

Meskipun ada beberapa orang peternak lain yang mengatakan, bahwa sebenarnya yang salah bukan pakan fermentasinya, karena dia juga memberikan pakan hasil fermentasi kepada kambing peliharaannya. Karena yang namanya pakan fermentasi adalah hal yang sangat rumit, lagi pula ada banyak bahan yang bisa difermentasikan, selain itu tetes tebu atau bakteri yang digunakan untuk memfermentasi bahan tadi juga bisa menentukan hasil akhirnya.

Hal yang disoroti oleh peternak tersebut, adalah jumlah ampas tahu dan dedak yang digunakan sebagai campuran, karena jika jumlahnya terlalu berlebih bila dibandingkan dengan jumlah hijauannya, maka hal tersebut bisa berdampak buruk bagi domba yang memakannya. Biasanya hal seperti ini sering terjadi pada saat musim kemarau, karena pada saat itu sangat sulit mencari hijauan, jadi sebagai solusi ampas tahu dan dedaknya yang diperbanyak.

Menurut dia, yang seharusnya diperbanyak adalah jumlah hijauannya, sedangkan jumlah ampas tahu dan dedaknya harus lebih sedikit. Minimal campuran ampas tahu dan dedak adalah setengah dari jumlah hijauannya, semakin banyak hijauannya maka itu akan semakin baik. Dan kalaupun mencari hijauan sedang sulit karena musim kemarau, maka sebenarnya hijauan tersebut dapat diganti dengan menggunakan daun kering.

Selain itu, jika ingin menggunakan pakan fermentasi pada domba yang sedang hamil, maka tetes tebu yang digunakan untuk memfermentasi, sebaiknya diganti dengan menggunakan gula, karena itu akan lebih aman. Menurut dia, semakin banyak tetes tebu yang digunakan maka akan semakin tinggi resiko domba menjadi keguguran.

Tinggalkan Balasan