Menjadikan Daun Petai Cina sebagai Pakan Ternak

Daun petai cina, atau yang biasa juga disebut sebagai daun lamtoro, memang jenis tanaman yang cepat tumbuh besar dan memiliki daun yang terlihat menggiurkan untuk dijadikan sebagai pakan hijauan bagi ternak. Hanya saja, masih banyak peternak kambing dan sapi yang ragu, untuk menjadikan daun petai cina, sebagai pakan hewan ternak mereka.

Saya sendiri harus mengakui, bahwa beberapa orang peternak kambing yang sudah mencoba memberikan daun petai cina, mengaku kambing peliharaannya langsung mengalami kembung, dan peternak lain mengatakan bahwa setelah mengkonsumsi daun petai cina ternyata domba peliharaannya jadi mencret. Jadi memang ada banyak suara sumbang yang mengatakan bahwa daun petai cina bisa berdampak buruk bagi kesehatan ternak.

Meskipun sebenarnya ada peternak lain, yang mengatakan bahwa hewan peliharaannya baik-baik saja, setelah mengkonsumsi daun petai cina. Tetapi rasanya itu tidak membantu, karena biasanya orang hanya akan mendengar suara yang buruk saja, tanpa mau mendengar hal positifnya. Karena itu pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana daun tanaman petai cina bisa dijadikan sebagai pakan ternak yang aman.

Peternak yang mengatakan bahwa hewan peliharaannya baik-baik saja, dia bercerita bahwa dia hanya memberikan daun petai cina yang sudah tua saja, dan sebelum diberikan kepada kambing peliharaannya daun petai cina tersebut akan dilayukan terlebih dahulu.

Dia berpendapat bahwa semua daun-daunan itu sebenarnya mengandung racun, dan setelah daun-daun tersebut dilayukan, maka kandungan racunnya bisa berkurang banyak, sehingga aman dijadikan pakan ternak.

Lagi pula pohon petai cina adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh besar dengan cepat, dan tanaman petai cina merupakan jenis tanaman yang cukup tahan terhadap kondisi kering, sehingga bisa dijadikan sebagai cadangan pakan ketika musim kemarau tiba. Karena potensinya itu, maka sayang jika tidak dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Tinggalkan Balasan