Cara Mengobati Bebek yang Lumpuh dan Sesak Nafas

Kejadian ini dialami oleh salah seorang teman peternak bebek, dia bercerita bahwa ada bebek peliharaannya yang mengalami sakit, secara fisik bebek tersebut seperti lumpuh dan nafasnya terasa sesak. Kejadian ini memang sering menimpa bebek peliharaannya, tetapi jumlahnya bisa berbeda-beda setiap waktunya.

Untuk pengobatan bebek yang mengalami penyakit seperti ini, biasanya dia akan langsung memisahkan bebek yang sakit tersebut ke kandang isolasi, yang lokasi berbeda dari bebek yang masih sehat. Tujuannya agar bebek yang masih sehat jangan sampai tertular penyakit yang sama. Tempat karantina bebek ini adalah kandang yang alasnya tanah.

Lalu untuk pengobatan dia akan memberi amoxicillin, untuk satu kaplet 500 mg akan dibagi menjadi dua, dan akan diminumkan saat pagi dan sore hari. Lalu untuk air minumnya juga diberi vitamin B kompleks.

Biasanya selama penyakit bebek ini masih belum parah, maka bebek akan sembuh dalam 3 – 5 hari. Tetapi jika sudah parah, bisa jadi bebek tidak akan tertolong lagi.

 

Berbeda dengan teman pemilik bebek tadi, ada peternak bebek lain yang mengatakan bahwa dia akan menggunakan es batu sebagai obatnya. Jadi, bebek yang sakit tadi akan diberi minum es batu sampai bebek kenyang, lalu selama satu hari itu, bebek tidak diberi makan sama sekali.

Kadang jika cara di atas tidak berhasil, maka dia akan memberi pakan nasi secukupnya kepada bebek yang sakit itu, lalu untuk minumnya dia akan memberikan air gula, menurut dia biasanya salah satu cara ini berhasil mengobati penyakit bebek.

Tinggalkan Balasan