Cara Mengobati Ikan Koi Sakit Mata Cekung

Pada artikel sebelumnya, diceritakan tentang pengalaman seorang penghobi ikan koi, yang ikannya mengalami kematian dengan kondisi matanya menjadi terlihat cekung. Jadi, pada artikel ini akan dibahas tentang cara penanganan penyakit mata cekung pada ikan koi.

Cara mengobati penyakit ini diajarkan oleh seorang penghobi ikan koi. Hal yang sangat dia tekankan, pada kondisi ikan sudah mengalami mata cekung, yaitu jangan pernah memberi treatment dengan menggunakan garam. Karena hal tersebut tidak akan membatu, malah akan membuat kondisi ikan menjadi lebih buruk.

Cara mengobati ikan koi yang mengalami mata cekung, yaitu: Siapkan saja bak karantina dengan ketinggaian air 20 cm, untuk sirkulasi air di bak karantina gunakan saja aerator sedang, dan jangan gunakan yang terlalu kencang.

Langkah selanjutnya, siapkan bendos yang dicampur dengan bawang putih, bahan lain yang perlu dipersiakan adalah pace/mengkudu. Pertama pace dan bawang putih diblander sampai halus, lalu diperas dan diambil airnya. Kemudian air perasan tadi dicampur dengan obat biru atau bendos.

Gunakan obat ini untuk mengobati ikan koi yang sakit mata cekung tadi, biasanya ikan yang tidak terlalu parah sakitnya masih bisa diselamatkan dan bisa sehat kembali.

Sekali lagi, bahwa untuk ikan koi yang mengalami mata cekung atau memar kemerah-merahan, jangan diberi garam.

Tinggalkan Balasan