Kambing Mati setelah Diberi Pakan Sayuran Pasar

Seorang teman pemilik kambing bercerita, bahwa baru-baru ini kambing miliknya ada yang mati, dan kemungkinan besar penyebab kematiannya karena faktor pakan yang dia berikan sebelumnya. Jadi, dia memberikan pakan berupa limbah sayuran dari pasar kepada kambing tersebut.

Kronologinya, bahwa empat hari sebelum kambing itu mati, kambing diberi pakan dari limbah sayuran yang berasal dari pasar. Lalu setelah itu kambing menjadi tidak nafsu makan, dan keesokan harinya kambing terlihat lemas dan tidak bertenaga, pada hari berikutnya kepala kambing sudah tergeletak tidak berdaya. Pada saat kambing akan diberi minum air kelapa muda, ternyata kambing sudah mati duluan.

Pada hari naas itu, pagi harinya kambing diberi pakan konsentrat lalu setelah satu jam kambing diberi pakan limbah sayuran dari pasar tadi. Untuk kondisi fisik dari kambing sebelum mati, hanya terlihat pucat seperti kurang darah saja, dan tidak ada tanda-tanda khusus lain.

Peternak lain yang saya ceritakan kondisi ini mengatakan, bahwa kemungkinan besar penyebab kematian kambing tersebut karena sayuran pasar tersebut. Bisa jadi karena memakan sayuran tersebut maka kambing menjadi kembung. Atau bisa juga sayuran yang diberikan ada nasinya, karena kambing yang tidak terbiasa makan nasi bisa mengalami kembung dan tidak mau makan, dan jika sudah parah maka kambing bisa mati.

Hal lain yang mungkin saja terjadi, yaitu karena sayuran limbah pasar memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga jumlah seratnya kurang, dan akibatnya kambing seperti diberi banyak minum tetapi sedikit makan. Apalagi jika ditambah dari cerita, yang mengatakan bahwa sebelum diberi sayuran pasar, kambing sudah diberi pakan konsentrat, maka hal itu akan semakin membuat fermentasi pakan di dalam perut kambing semakin menjadi-jadi. Akibat dari fermentasi di dalam perut kambing, maka akan terbentuk gas, dan jika sudah parah maka kambing akan langsung kembung.

 

Saran saja: bahwa sayuran pasar dapat diberikan kepada kambing ketika perut kambing sudah penuh serat, lalu untuk sayuran yang diberikan kepada kambing, sebaiknya kadar airnya sudah kurangi terlebih dahulu. Jadi sayuran tersebut sebaiknya dicuci dulu setelah didapatkan, lalu jemur sampai kadar airnya berkurang, baru setelah itu sayuran bisa diberikan kepada kambing.

Tinggalkan Balasan