Cara untuk Mengusir Tikus dengan Menggunakan Lonceng Leher

Salah seorang teman dari Makasar, mengaku secara tidak sengaja menemukan cara untuk mengusir tikus di daerah rumahnya, dan dia mengaku bahwa cara ini sangat efektif sekali dalam mengusir tikus di sana. Dia menggambarkan bahwa daerah rumahnya sangat dekat dengan tempat pembuangan sampah, sehingga jumlah tikus yang ada di sana sangat banyak, dan pastinya dengan jumlah yang sangat banyak tersebut, maka kehadiran tikus-tikus tersebut sudah berada dalam taraf yang sangat mengganggu.

Jadi memang sebelumnya, dia sudah memasang perangkap untuk menangkap tikus, tetapi sebenarnya dia tahu bahwa perangkap seperti itu tidak akan bisa digunakan untuk membasmi semua tikus yang ada di sekitar rumahnya. Karena itu dia iseng mengikatkan klintingan atau giring-giring atau rincing-rincing, atau semacam lonceng yang biasa diikatkan pada leher kucing.

Tujuan awalnya hanya untuk bergurau saja, karena dia dan teman-temannya tahu, bahwa meskipun tikus itu dibunuh sekalipun, tetap saja tidak bisa mengusir semua populasi tikus yang ada.

Ternyata yang diluar dugaan, bahwa setelah tikus yang diberi lonceng di lehernya tersebut dilepas, pada malam selanjutnya tidak ada seekor tikuspun yang berkeliaran di kompleks rumah dia. Sepertinya tikus yang lain takut pada tikus yang memiliki lonceng pada lehernya itu.

Kemudian cara ini digunakan kembali di bagian kompleks lain yang masih banyak tikusnya, dan ternyata tikus yang ada di daerah itu juga pergi semuanya, takut dengan tikus yang ditangkap dan diberi lonceng.

Pada malam-malam selanjutnya yang terdengar hanyalah suara dari tikus yang diberi lonceng itu saja, tetapi kali ini tikus tersebut malah diberi makan, hal ini dilakukan karena tikus tersebut dianggap berjasa telah mengusir semua tikus lain. Sepertinya cara ini bisa dicoba di daerah lain yang memiliki populasi tikus yang banyak.

Tinggalkan Balasan