Mengenal tentang Cacing Tanah

Mungkin dalam benak anda pernah ada pertanyaan, yaitu apakah saat kita memegang cacing tanah dengan menggunakan tangan, maka kita akan mengalami penyakit cacingan. Jika itu pertanyaan anda, maka jawabannya tidak.

Hal ini karena, cacing tanah tidak menyebarkan penyakit pada kita, berbeda dengan cacing yang ada di dalam usus manusia yang menyerap nutrisi dalam tubuh kita, maka cacing tanah sangat aman, dan tidak menyebabkan kita terserang cacingan.

Jadi intinya dalam dunia ini ada begitu banyak jenis cacing, dan ada jenis cacing yang berbahaya, sedangkan jenis yang lainnya aman bagi kesehatan manusia. Cacing tanah sendiri merupakan jenis yang aman bagi kesehatan manusia, bahkan saya sendiri setiap beberapa waktu tertentu, harus mengkonsumsi cacing tanah karena penyakit tifus.

Untuk jenis cacing tanah yang dibudidayakan di Indonesia memang saya tidak tahu persis berapa jumlahnya, tetapi diantara semua jenis cacing yang dibudidayakan tersebut ada tiga empat jenis yang cukup sering ditemui yaitu jenis Lumbricus Rubellus, African Night Crawler (ANC), Perionyx Excavatus, dan jenis Tiger (Eisenia Fetida).

Untuk hal lain yang perlu diketahui, yaitu cacing tanah adalah jenis hewan yang bebas penyakit, jadi banyak peternak tidak pernah mengalami gagal panen akibat cacingnya terserang penyakit. Tetapi yang jadi masalah, banyak hewan lain yang menjadikan cacing tanah sebagai pakannya. Sehingga, saat mulai beternak cacing tanah, anda harus hati-hati juga dengan hamanya.

Hal lain yang saya baru tahu, yaitu cacing tanah ternyata bisa mengalami perubahan mutasi. Menurut informasi ini, bahwa cacing tanah yang terkena sinar matahari langsung, maka tubuhnya akan menyusut, sehinga menjadi cacing merah kecil-kecil, dan pastinya cacing seperti ini tidak laku dijual.

Lalu saat cacing tanah terkena air hujan maka warnanya berubah menjadi hitam mengkilat, dan inipun juga sudah tidak laku lagi. Sebelumnya saya pikir bahwa semua jenis cacing tersebut berasal dari spesies yang berbeda meskipun semuanya selalu berada dalam lingkungan yang sama.

Tinggalkan Balasan