Beternak Cacing Tanah Bukan Hal yang Mudah

Sebenarnya binis cacing tanah telah menjadi industri yang sangat menguntungkan, bahkan setelah banyak orang yang mulai terjun dalam bisnis ini, ternyata tingkat keuntungannya masih tetap tinggi, meskipun memang ada sedikit penurunan harga jual. Tetapi jika dilihat dari sisi permintaannya yang selalu tinggi, bahkan cenderung tidak bisa terpenuhi semua, maka bisnis ini masih memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

Hanya saja, setelah saya pribadi mencoba untuk menggeluti budidaya cacing tanah ini, saya mendapati bahwa beternak cacing tanah tidak semudah yang dibicarakan oleh para motivator di youtube. Banyak kali kegagalan yang sudah saya alami, bahkan beberapa tutorial malah mengajarkan hal yang menyesatkan, dengan tujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung.

Akhirnya saya memulai dengan proses saya sendiri. Memang tidak mudah, bahkan selama berbulan-bulan tidak ada progress yang menggembirakan. Boleh dikatakan, bahwa apa yang saya lakukan ini hidup segan mati tak mau. Pedoman saya waktu itu, yaitu asal cacing ini bisa hidup saja itu sudah cukup, tetapi memang lama-kelamaan rasa bosan itu datang juga, karena seperti kita melakukan hal yang sia-sia, dan tidak ada gunanya.

Tetapi setidaknya hal tersebut bisa membuat cacing tanah yang saya miliki dapat bertahan cukup lama, sebelum akhirnya saya gunakan juga sebagai pakan ikan.

Pada artikel berikutnya akan dibagikan cara beternak cacing tanah, yang menurut saya masuk akal. Bahkan saya sendiri juga sudah memulai menggunakan cara yang diajarkan pada artikel tersebut. Cara yang diajarkan tersebut terasa seperti diajarkan oleh orang yang sudah berpengalaman dengan cacing tanah, bahkan jika dilihat dari hitungan waktu pelaksanaan budidaya, semuanya terasa masuk akal.

Mungkin ke depannya, jika memang cara yang diajarkan tersebut berhasil, maka akan saya coba untuk menuliskannya kembali dengan menggunakan versi saya sendiri. Tetapi kalaupun gagal, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengapa saya sampai mengalami kegagalan.

Tinggalkan Balasan