Memasukkan Ikan Sapu-sapu ke Kolam Lele

Pernah suatu kali ada seorang teman yang bertanya, dia ingin tahu apa yang akan terjadi jika ikan sapu-sapu / ikan pembersih kaca dimasukkan ke dalam kolam ikan lele.

Menurut dia, jika ikan sapu-sapu dimasukkan ke kolam lele, maka ikan sapu-sapunya bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam kolam, dan dapat memakan kotoran ikan lele dan sisa pakan yang ditinggalkan. Jadi, nantinya bisa dapat panen ikan lele dan ikan sapu-sapunya.

Tanggapan dari teman peternak lele yang lain, bahwa dia kasihan pada ikan lelenya karena kulit ikan sapu-sapu sangat keras, dan dikhawatirkan bisa melukai kulit ikan lele yang licin.

Jika peternak lain, mengatakan bahwa sebaiknya ikan sapu-sapu yang dimasukkan hanya seekor saja, karena menurut dia ikan sapu-sapu adalah jenis ikan yang gampang besar dan gampang berkembang biak. Jadi, jika nanti ikan tersebut telah tumbuh besar, maka sebaiknya ikan sapu-sapu tersebut segera diganti dengan ikan yang kecil kembali.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh peternak, yaitu kondisi ikan sapu-sapu yang termasuk karnivora, dan akan memakan ikan yang lebih kecil. Jadi, jika anda memasukkan ikan sapu-sapu berukuran besar pada kolam yang berisi bibit ikan lele, maka dapat dipastikan bahwa bibit anda akan banyak yang habis dimakan ikan sapu-sapu tersebut.

Tetapi meskipun demikian, jika ukuran ikan sapu-sapunya lebih kecil dari pada ukuran ikan lelenya, maka pernah ada peternak yang mencobanya, ternyata ikan sapu-sapunya yang malah mati diserang ikan lele.

Secara garis besar, bahwa peternak lele ini setuju bahwa ikan sapu-sapu dapat memakan sisa kotoran dan sisa pakan yang ditinggalkan oleh ikan lele. Tetapi mereka masih kurang setuju jika kedua jenis ikan ini dicampur.

Tinggalkan Balasan