Sapi Mati Kembung setelah Diberi Makan Dedak

Teman saya ini bercerita, bahwa sapinya mengalami kematian setelah diberi sarapan dedak padi. Dedak adalah hasil sampingan dari proses pengupasan gabah menjadi beras, selain menghasilkan beras dalam proses ini juga dihasilkan bekatul, dedak dan sekam. Di sekitar rumah saya hanya bekatul dan dedak yang dijadikan sebagai pakan ternak.

Gejala kematian sapi yang diceritakan, yaitu sapi tersebut seperti mengalami kembung terlebih dahulu sebelum mati.

Jadi, setelah sapi tersebut setelah makan, ternyata saat bangun sapi tersebut mengalami kesulitan untuk berdiri. Selain itu, sapi tersebut sudah tidak dapat berdiri tegak, dan terlihat oleng. Saat diperiksa ternyata perut sapi tersebut mengalami kembung, dan sebelum bisa diambil tindakan apapun ternyata sapi tersebut sudah mati duluan.

Ada peternak lain yang menanyakan, apakah dedak yang digunakan sebagai pakan tersebut adalah dedak dari beras ketan ? Karena biasanya sapi akan mengalami kembung saat memakan dedak yang berasal dari beras ketan. Kadang di pedagang pakan, mereka tidak tahu apakan dedak yang mereka jual sudah tercampur dengan dedak dari beras ketan atau tidak, dan mereka biasanya hanya tahu menjualnya saja.

Saran lain yang diberikan, yaitu sebaiknya lain kali sebelum sapi diberi pakan tambahan apapun, sapi harus diberi pakan rumput dan hijauan. Baru setelah itu, untuk makan siang sapi bisa diberi pakan tambahan, dan pakan tambahan tersebut bisa berupa dedak.

Selain itu, jika memberikan pakan hijauan atau rumput, maka sebaiknya rumput yang diberikan adalah rumput yang diambil setelah matahari bersinar cerah dan sudah tidak ada embun pada hijauan dan rumput tersebut. Dan jangan memberi makan sapi dengan rumput yang diambil saat hujan atau pada saat embun pagi belum kering. Karena ditakutkan ada parasit atau mikroorganisme berbahaya yang menempel di rumput tersebut.

Saran lain, yaitu sebaiknya saat akan memberi makan sapi dengan menggunakan dedak, maka dedaknya harus dimasak dulu, dan jangan diberikan mentah begitu saja. Hal ini juga bisa menjaga agar sapi tidak gampang terkena kembung.

Tinggalkan Balasan