Telur Ayam Segar Sulit Dikupas setelah Direbus

Beberapa waktu yang lalu, ada seorang teman peternak ayam petelur yang mengatakan bahwa ada konsumennya seorang ibu-ibu yang komplain, bahwa telur teman saya ini bermasalah karena saat direbus, ternyata telur tersebut sangat sulit dikupas, bahkan telur tersebut menempel sangat kuat pada cangkangnya.

Karena masalah itu peternak ini merasa sangat bingung, dia sempat berfikir apakah ada masalah dengan ayamnya atau dengan telurnya. Bahkan dia sampai takut, jika hal tersebut disebabkan oleh kesehatan ayamnya yang terganggu. Maklum saja, karena dia masih peternak pemula, dan belum berpengalaman menghadapi persoalan seperti ini.

Sebenarnya apa yang dialami oleh teman saya ini adalah hal yang sangat biasa terjadi, hal yang wajar, dan memang tidak ada masalah apapun di situ.

Yang menjadi penyebab telur ayam yang dibeli oleh ibu tadi menjadi sulit dilepaskan, yaitu karena kondisi telur yang masih terlalu fresh, atau masih terlalu segar, atau dapat dikatakan bahwa telur tersebut masih baru saja dikeluarkan oleh ayamnya.

Jadi, memang telur ayam yang baru saja dikeluarkan oleh ayamnya, akan sangat sulit untuk dikupas, setelah telur tersebut direbus. Saran dari peternak lain, bahwa jika ingin agar telur tersebut bisa mudah direbus, maka jangan menggunakan telur yang masih segar, setidaknya gunakan telur yang sudah berusia seminggu. Kemungkinan besar telur yang sudah lama dikeluarkan oleh ayam akan mudah dikupas setelah direbus.

Kondisi telur yang masih baru/fresh memiliki kantong udara yang masih kecil, dan setelah seminggu kantong udara tersebut baru membesar. Jadi, tunggu saja sampai kantong udara tersebut membesar, setelah itu kulit telur tidak akan menempel pada telurnya. Setidaknya diperlukan waktu beberapa hari agar kantung udara ini bisa mulai membesar.

 

Saran tambahan dari peternak lain agar anda mudah mengupas kulit telur setelah direbus. Pertama, anda bisa merebus air terlebih dahulu sampai mendidih, kemudian setelah air mendidih baru masukkan telur. Lama perebusan sekitar 11 menit.

Agar telur mudah untuk dikupas, maka setelah dirasa telur tersebut matang, buang semua air panas yang anda gunakan untuk merebus telur tadi. Kemudian isi wadah dengan menggunakan air dingin, maka telur yang panas tadi akan langsung menyusut, karena penyusutan kulit telur tidak merata dan penyusutan kulit dan isi telurnya juga tidak sama, maka kulit dan isi telur menjadi terpisah dan tidak menempel, sehingga mudah untuk dikupas. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan