Cara Menghitung Bebek yang Diangon

Cara beternak bebek dengan diangon, memang bisa lebih murah bagi para peternak, terutama jika dilihat dari sisi pengeluaran biaya pakan. Hanya saja, bebek yang diangon sangat mungkin untuk hilang, dan pastinya hal ini akan membuat rugi peternaknya.

Saya memang kagum dengan orang-orang yang melakukan angon bebek, karena mereka bisa mengembalakan bebek yang jumlahnya ratusan sekaligus. Yang saya penasaran, yaitu bagaimana cara mereka menghitung bebek-bebeknya tersebut.

Dari salah satu peternak, dia mengatakan bahwa dia hanya menghitung pejantannya saja, sedangkan yang betina tidak ikut dihitung. Menurut pendapatnya, jadi jika bebek pejantan jumlahnya lengkap, maka kemungkinan besar bebek betinanya juga akan lengkap.

Memang cara ini tidak 100% akurat, tetapi cara ini cukup efektif bagi dia, dan pastinya lebih mudah diaplikasikan, terutama untuk menghitung bebek yang jumlahnya banyak.

Dia bercerita bahwa dari 400 ekor bebeknya, ternyata dengan menggunakan cara ini, waktu menjual bebeknya jumlahnya 398 ekor. Jadi, bagi dia cara ini sudah sangat efektif, dan jumlah hitungannya juga tidak terlalu beda jauh.

Satu hal lagi, bahwa menurut dia bebek betina akan setia pada bebek jantan, jadi jika jumlah bebek jantannya lengkap, maka kemungkinan besar jumlah bebek betinanya juga akan lengkap.

 

Tukang angon lain, mengatakan bahwa dia sudah terlatih dalam menghitung bebeknya, sehingga saat menggiring bebek dia sekaligus menghitungnya. Dia akan menghitung bebeknya dua-dua, sampai bebek yang terakhir. Mungkin bagi yang tidak biasa, cara ini akan membingungkan, tetapi bagi yang sudah terbiasa, maka cara ini mudah saja, dan pastinya akurat.

 

Ada banyak faktor mengapa bebek yang diangon bisa sampai hilang. Biasanya bebek yang pergi terlalu jauh dari rombongannya yang akan tersesat, kadang bebek ini bisa ikut rombongan bebek lain dan hilang. Selain itu, saat bebek diangon juga sangat rentan diserang oleh hewan buas, seperti musang, ular, atau hewan buas lainnya.

Pernah juga tukang angon yang saya ajak bicara ini menemukan tiga ekor bebek yang hanyut di sungai, jadi sepertinya karena bebek ini berenang terlalu jauh maka mereka terseret arus sungai, dan akhirnya ditemukan oleh orang lain. Jadi, pastinya ini adalah sebuah kerugian bagi pemilik bebeknya.

Tinggalkan Balasan