Roti Kadaluarsa sebagai Pakan Sapi

Di beberapa daerah, kadang kala produsen roti bisa menyisakan roti kadaluarsa yang banyak. Sedangkan industri yang mengolah roti bekas tersebut masih sangat sedikit, dan masih banyak roti bekas yang harus terbuang begitu saja.

Karena itu, beberapa waktu yang lalu ada peternak sapi yang mencoba bertanya, apakah roti kadaluarsa dapat dijadikan campuran untuk pakan sapi? Mengingat potensinya yang sungguh luar biasa. Baik itu dari segi mengurangi biaya pakan, ataupun menambah nutrisi pada pakan sapi.

Sebenarnya dulu pernah ada liputan di tv, yang menayangkan tentang sapi-sapi yang dipelihara di sekitar TPS di Jogja, liputan tersebut menyatakan bahwa sapi-sapi tersebut sering memakan roti-roti bekas, yang dibuang di TPS tersebut. Pada saat itu, pemilik sapi mengatakan bahwa sapi mereka baik-baik saja, saat mengkonsumsi roti di tempat itu.

Dengan liputan tersebut, mungkin dapat menjadi jawaban bahwa roti bekas aman untuk dijadikan sebagai pakan sapi.

Sedangkan cara pemberian roti kepada sapi, seorang peternak mengatakan bahwa bisa langsung diberikan begitu saja, ataupun roti tersebut bisa direbus dahulu. Tetapi perlu diingatkan, bahwa sebaiknya roti yang diberikan pada sapi, bukanlah roti yang sudah berjamur.

Ada saran dari peternak lain, bahwa sebaiknya roti yang bekas tersebut dijemur terlebih dahulu, lalu roti tersebut digiling. Sedangkan untuk pemberiannya, jangan diberikan roti seluruhnya pada sapi tetapi sebaiknya dijadikan sebagai campuran pakan saja. Malah akan lebih baik lagi, jika roti tersebut difermentai terlebih dahulu dengan bahan-bahan lain.

Salah satu resep yang disarankan, yaitu anda bisa menjemur roti sampai kering, lalu campurkan roti itu dengan dedak dan singkong giling. Menurutnya, itu akan menjadi campuran yang baik untuk pakan sapi.

Tinggalkan Balasan