Larva Anakan Ikan Muncul ke Permukaan saat Malam Hari

Seorang teman peternak pembibitan ikan lele, mengatakan bahwa anakan ikan lelenya setiap malam selalu muncul ke permukaan kolam, sedangkan pada siang hari anakan tersebut selalu berada di dasar kolam. Karena kondisi ini dia merasa bingung dan bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

Beberapa orang peternak lain, yang dimintai pendapat mengatakan bahwa kondisi ini sangat wajar dan sudah umum terjadi.

Apalagi jika dilihat dari jumlah populasi anakan lelenya dibandingkan dengan luasan kolam, dan jika populasinya terlalu padat. Maka kemungkinan besar, anakan lele tersebut menjadi kekurangan oksigen, akibatnya mereka akan muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen dari udara bebas.

Sebagai saran, yaitu jika memang terjadi kondisi seperti di atas, maka anda bisa menggunakan aerator ataupun pompa air untuk menambah oksigen terlarut di dalam air kolam.

Selain itu, jika pertanyaannya mengapa pada saat siang hari ikan tersebut tetap tenang dan diam di dasar kolam. Maka, hal tersebut dikarenakan ikan lele adalah jenis ikan nokturnal, atau jenis ikan yang aktif di malam hari, jadi pada saat siang hari, ikan akan beristirahat dan tidak akan membutuhkan banyak oksigen.

Lagi pula kondisi kolam yang hijau sebenarnya juga mengandung lumut dan ganggang, dan pastinya pada saat siang hari tanaman tersebut akan menghasilkan oksigen bagi ikan yang ada di dalamnya. Sedangkan pada malam hari tanaman tersebut juga menghisap oksigen karena itu ikan yang ada di dalam kolam menjadi sesak nafas, dan mengambil oksigen ke permukaan.

Tinggalkan Balasan