Itik tidak Mau Tidur dan Selalu Ribut di Malam Hari

Kejadian ini dikeluhkan oleh salah seorang teman, jadi dia merasa tertanggu, karena itik-itiknya tidak mau berhenti berteriak saat malam hari. Bahkan, terkadang itik tersebut akan tetap ramai sampai pagi.

Pastinya dengan suara seberisik itu, si pemilik menjadi terganggu dengan suaranya. Apalagi tetangga sekitar, mereka sudah melakukan protes berkali-kali, karena suara berisik tersebut.

Memang sudah ada beberapa saran, agar kondisi kandang saat malam dibuat gelap, karena beberapa peternak lain mendapati bahwa kandang yang gelap, bisa membuat itik menjadi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

Tetapi kondisi ini sulit dilakukan oleh teman saya, karena di dekat kandang terdapat lampu penerangan jalan yang cukup besar. Sedangkan lampu itu menggunakan tenaga solar cell, jadi akan terus menyala sampai pagi.

 

Untuk saran yang lain, ada peternak yang menyarankan agar kandungan protein di dalam pakan harian itik ditambah, pakan tambahan tersebut bisa menggunakan konsentrat buatan pabrik, atau keong sawah, selain itu bebek juga perlu diberi pakan sayur segar, mungkin bisa diberikan kangkung.

Intinya bukan cuma jumlah pakan yang diberikan saja yang banyak, tetapi jika itik makannya sedikit, maka itu akan sama saja. Jadi, selain pakan yang kita berikan banyak, itik juga harus memakannya dalam jumlah yang banyak pula.

Pastikan juga tidak ada hewan lain yang masuk ke dalam kandang, misalnya saja tikus ataupun kucing, usahakan agar dinding dan pintu kandang tertutup rapat.

 

Mungkin jika jumlah pakan konsentratnya ditambah, maka ongkos produksi menjadi bertambah, lalu keuntungan peternak yang menjadi turun. Tetapi sebenarnya, anda bisa saja menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di sekitar anda, yang bisa didapatkan dengan harga murah.

Misalnya saja, keong sawah, bekicot, cacing, ikan runcah, atau kepala udang. Untuk kandungan protein yang baik bagi hewan peliharaan, memang sebainya harus berasal dari protein hewani juga.

Biasanya yang terjadi jika kandungan protein dalam pakan itu kurang, maka itik akan memakan bulu temannya, karena mereka tahu kalau memakan bulunya sendiri sakit waktu dicabut.

Lalu itik yang bulunya dicabut oleh temannya, akan teriak-teriak kesakitan. Karena itulah biasanya kandang akan selalu ramai saat malam. Untuk kondisi ini anda bisa mengamatinya secara langsung di kandang, lalu anda bisa mengambil kesimpulan apakah kondisi ini memang benar terjadi atau tidak.

Tinggalkan Balasan