Pengalaman Beberapa Orang saat Ingin Mendapatkan KUR

Apakah anda pernah mendengar tentang KUR (Kredit Usaha Rakyat). KUR adalah program pemerintah untuk membantu perorangan, UMKM, dan Koperasi dalam bentuk pinjaman uang dalam jumlah kecil, dan dengan bunga yang ringan. Tujuannya agar sektor riil yang ada di akar rumput bisa berkembang.

Menurut data dari pemerintah sudah banyak pengusaha yang terbantu dengan adanya program KUR ini. Tetapi meskipun demikian masih banyak juga orang yang tidak puas dengan penyaluran dana KUR. Artikel ini menyajikan pengalaman dari beberapa orang saat berurusan dengan program KUR.

Misalnya saja ada pengusaha kecil yang merasa pengajuan kreditnya tidak pernah disetujui, tetapi beberapa orang pengusaha lain yang modal usahanya sudah banyak, malah pengajuan kreditnya selalu disetujui. Jadi, dia kecewa dengan kondisi ini.

Ada orang lain yang mengatakan bahwa dia ingin berhutang KUR, untuk membuka usaha, tetapi pihak bank, malah menanyakan usahanya apa? Sehingga dia merasa jengkel dengan kondisi tersebut. Belum lagi, meskipun pengajuan kreditnya tidak disetujui, tetapi pihak bank sudah melakukan survei terlebih dahulu kepada tetangga sekitar, akibatnya dia merasa malu, karena semua tetangga akhirnya tahu bahwa dia akan melakukan hutang ke bank, padahal oleh pihak bank pengajuannya tidak disetujui.

Orang ini mengatakan, jika anda sebelumnya sudah punya usaha dan ingin membesarkan usahanya tersebut, maka pengajuan kreditnya bisa cepat keluar. Tetapi, jika anda ingin meminjam uang untuk membuka usaha baru, maka kemungkinan besar pengajuan anda ini akan ditolak.

Saran yang diberikan oleh orang lain, jika anda tidak punya usaha tetapi ingin meminjam KUR, misalnya saja anda ingin memelihara kambing, agar tidak angon milik orang lain. Anda bisa mulai dengan menyiapkan kandangnya saja dulu dengan modal hutang dari keluarga dekat. Lalu ajukan pinjaman ke bank penyalur KUR, kemungkinan besar pengajuan anda akan disetujui, lalu jika pinjaman itu keluar, maka anda bisa membayar pinjaman untuk biaya pembuatan kandangnya tadi.

Anda juga harus ingat dan sadar, bahwa bank yang menyalurkan KUR juga harus mendapat untung, dan kredit yang mereka salurkan tersebut jangan sampai macet. Karena jika sampai macet, maka bank yang akan mengalami kerugian, maka anda juga harus sadar tentang kondisi tersebut.

Tetapi jika anda sudah punya usaha, dan pembayaran anda ke bank selalu tepat waktu, maka saat pengajuan pinjaman berikutnya anda bisa meminjam dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Karena bank tahu bahwa anda memiliki integritas dan juga niat yang baik.

Selain itu jika pihak bank memerlukan jaminan, misalnya BPKB motor, maka sebenarnya itu hanyalah syarat untuk mengetahui keseriusan anda saja. Karena dengan jaminan BPKB motor butut, anda bisa mendapatkan pinjaman yang lebih besar dari pada harga motor barunya, rasanya hal seperti itu tidak akan anda temui di tempat lain.

Bahkan jika pinjaman anda sebelumnya telah lunas, maka anda bisa mendapatkan pinjaman dengan nilai yang lebih besar, dengan menggunakan jaminan yang sama.

Tinggalkan Balasan