Cara Mengatasi Serangan Kutu pada Ikan Koi

Kutu adalah salah satu jenis hama yang sering sekali menyerang ikan koi, bahkan jika jumlahnya banyak, serangan kutu bisa menjengkelkan, bahkan jika parah ada juga penghobi yang melaporkan jika ada ikannya yang mati akibat serangan kutu.

Karena seriusnya serangan kutu, maka tidak ada salahnya jika anda mendengarkan saran dari para peternak ikan koi, dalam mengatasi serangan kutu ini.

Biasanya jika jumlah kutu yang menyerang masih sedikit, maka peternak tadi akan mencabuti satu persatu kutu yang ada di sekujur tubuh ikan. Lalu setelah dilakukan pencabutan, maka bagian tubuh ikan yang luka tinggal diberi obat luka, biasanya peternak suka untuk menggunakan merk betadine.

 

Pernah ada cerita dari salah seorang peternak, yang mengatakan bahwa dia pernah mencoba menghilangkan kutu yang memenuhi kolamnya, dengan cara menguras filter mekanik dengan menggunakan air bersih. Pada saat itu ikan koi sudah dipuasakan selama seminggu penuh, dan kolam juga sudah diisi dengan bakteri starter.

Pada saat itu, memang di dalam kolam ikan koi miliknya ada ikan sumatra, mungkin karena lapar ikan sumatra yang ada di dalam kolam, akhirnya memakan kutu yang ada pada tubuh ikan.

Sementara itu untuk mengatasi kutu argulus, peternak ini memilih untuk menggunakan abate, dan menurut dia cara ini selalu manjur untuk ikannya.

Tinggalkan Balasan