Wadah Berwarna Hitam Paling Disukai Nyamuk

Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang cara beternak jentik-jentik nyamuk, pada artikel ini, saya akan dibahas soal warna wadah yang disukai oleh nyamuk.

Saya mencoba untuk memasang beberapa buah ember berisi air, yang juga sudah diberi bekatul di dalamnya. Tujuannya untuk menarik perhatian nyamuk, agar mau bertelur di ember tersebut. Bagian dalam ember yang saya gunakan memiliki beberapa warna, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna hitam.

Memang pada saat awal digunakan, semua ember tersebut dapat menghasilkan jentik nyamuk sama banyak. Tetapi setelah jentik nyamuk pertama tersebut selesai dipanen, maka pada pemberian bekatul tambahan yang ke dua dan seterusnya. Ternyata ember yang bagian dalamnya berwarna hitam lebih disukai nyamuk.

Akibatnya, jentik nyamuk yang dihasilkan pada ember berwarna putih selalu lebih sedikit, jika dibandingkan dengan jentik nyamuk yang berasal dari ember yang hitam.

Selain itu saya masih memiliki beberapa ember dan drum bekas yang masih belum digunakan. Ternyata nyamuk dewasa lebih menyukai untuk tinggal dan berdiam pada ember dan drum, yang memiliki warna hitam pada bagian dalamnya.

Nampaknya kesukaan nyamuk pada warna media yang bagian dalamnya berwarna hitam, lebih disebabkan karena nyamuk cenderung menyukai panas. Karena seperti kita tahu, bahwa warna hitam cenderung menghisap panas sehingga panas akan tersimpan lebih lama, sementara itu warna putih cenderung memantulkan cahaya, sehingga akan lebih dingin.

Mungkin saja, nyamuk beranggapan bahwa jika telur yang dia letakkan pada media yang berwarna hitam tersebut akan bisa lebih besar kesuksesannya untuk menjadi nyamuk dewasa.

Jadi, jika bisa anda gunakan saja wadah yang memiliki warna bagian dalam hitam, untuk melakukan budidaya jentik-jentik nyamuk.

Tinggalkan Balasan