Kegunaan Bawang Putih Bagi Kesehatan Ikan Koi dan Resep Pembuatannya

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang sudah tidak asing lagi bagi kita, tetapi di sini anda juga perlu tahu bahwa bawang putih adalah bahan yang sangat berkhasiat untuk menjaga kondisi kesehatan ikan koi, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh ikan.

Bawang putih mengandung allicin yang mampu untuk membunuh kuman dan bakteri. Selain itu bawang putih juga mengandung sativine, yaitu bahan yang berkhasiat membantu pertumbuhan sel dan jaringan.

Beberapa orang peternak ikan koi mengatakan bahwa ikan koi yang pakannya dicampur dengan sari bawang putih, ternyata kondisinya sangat baik, bahkan tingkat kematiannya juga berkurang. Selain itu kesehatan ikan menjadi meningkat.

Bahkan ada cerita dari salah seorang penghobi ikan, yang mengatakan bahwa kondisi air kolam yang sebelumnya berlendir akibat dari kondisi ikan yang sakit mengeluarkan lendir, bisa menjadi jernih kembali.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat sari bawang putih, tetapi di sini saya hanya menuliskan salah satu dari resep tersebut.

  • Pertama kupas bawang putih. Untuk jumlah bawang putihnya sebaiknya disesuaikan dengan jumlah pakan yang akan diberikan pada ikan koi. Jika pakannya banyak, maka bawang yang diperlukan juga banyak, demikian juga sebaliknya.
  • Untuk perbandingan bawang putih dan air untuk diblender. Yaitu 50 gram bawang putih untuk 100 ml air.
  • Setelah bawang putih dan air tersebut selesai diblender sampai halus, maka langkah selanjutnya adalah menyaring larutan bawang tersebut. Karena yang akan digunakan adalah airnya saja.
  • Kemudian semprotkan larutan bawang tersebut pada pakan yang akan diberikan pada ikan koi. Biarkan sejenak, sampai larutan tersebut bercampur dengan pakan.
  • Untuk pencegahan dan menjaga kesehatan ikan, maka campuran campuran larutan bawang ini dapat diberikan setiap seminggu sekali.
  • Tetapi jika kondisi ikan sudah sakit, dan sedang menjalani perawatan di chamber, maka larutan pakan ini bisa diberikan dua kali sehari.

Tinggalkan Balasan