Cara Menghilangkan Bau tidak Sedap pada Kandang Ayam Petelur dengan Serbuk Gergaji dan Probiotik

Artikel ini adalah sambungan dari artkel sebelumnya, yang membahas tentang cara menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan dari kandang ayam petelur.

Saran berikutnya agar kandang ayam tidak bau, yaitu anda bisa mencoba untuk menggunakan serbuk gergaji sebagai pelapis lantai di bawah kandang. Sistemnya sama saja seperti lapisan sekam, yaitu untuk memudahkan dalam mengeruk kotoran, karena kotoran tidak langsung bersentuhan dengan lantai.

Lalu setiap dua hari sekali kotoran tersebut akan dikeruk untuk ditempatkan pada lokasi penampungan. Tujuan dari tempat penampungan ini, yaitu untuk menurunkan kadar air di dalam kotoran, setelah kadar airnya turun, kotoran ini akan langsung diangkut untuk dijadikan sebagai pupuk kandang.

Selain itu, juga perlu dilakukan pengecekan secara rutin setiap hari, tujuannya untuk melihat apakah di dalam tumpukan kotoran yang ada di bawah kandang tersebut, muncul belatung atau tidak. Karena saat didapati belatung di sana, maka lantai kandang bisa langsung disiram menggunakan bensin, mungkin kalau sekarang bisa diganti menggunakan pertalite. Tujuannya agar dapat langsung membunuh belatung yang baru muncul tersebut.

Sedangkan untuk pakan ayamnya, peternak yang menyarankan menggunakan serbuk gergaji ini menggunakan 324 R, selain itu EM4 (salah satu merk dagang untuk probiotik) digunakan sebagai campuran pakan ayamnya. Untuk perbandingan dosis yang digunakan, yaitu dia akan mencampurkan satu tutup botol EM4 dengan satu liter air.

Sementara itu beberapa peternak lain mengatakan bahwa EM4, digunakan untuk menyemprot kotoran yang ada di dalam kandang. Memang tujuannya agar kotoran cepat terurai, sehingga tidak menimbulkan bau. Hanya saja terkadang ada masalah lain yang timbul, yaitu kotoran menjadi basah, sehingga hal ini malah mempercepat kotoran ditumbuhi belatung.

Tetapi jika EM4 diberikan pada pakan dan air minum, maka akan langsung membantu mempercepat proses penguraian dari dalam tubuh ayam itu sendiri. Akibatnya saat keluar, maka kotoran menjadi tidak bau, karena sudah diuraikan dengan lebih baik di dalam tubuh ayam.

Jadi, boleh dibilang jika kuncinya adalah pemberian probiotik pada campuran pakan dan juga membersihkan kotoran di lantai kandang yang dibantu dengan menggunakan serbuk gergaji.

Ada satu saran lagi yang diberikan oleh peternak lain, hanya saja saran tersebut akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan