Kambing Keracunan setelah Mengkonsumsi Daun Singkong

Untuk saat ini daerah sekitar tempat tinggal saya mulai memasuki pertengahan musim kemarau. Karena hal tersebut, maka saat ini sangat sulit untuk bisa menemukan pakan hijauan segar, akibatnya semua bahan pangan alternatif yang bisa dijadikan sebagai pakan kambing, akan dicoba untuk diberikan. Dan salah satu pakan alternatif yang dicoba oleh peternak kambing tersebut adalah daun singkong.

Menurut pengalaman dari beberapa orang peternak, ternyata saat daun singkong diberikan pada kambing, maka kambing ada yang baik-baik saja dan ada juga kambing yang mengalami kembung. Bahkan ada juga kambing yang mengalami kembung parah, mungkin karena terlalu parahnya, maka kambing tersebut tidak bisa ditolong dan mati.

Menurut cerita dari beberapa orang, bahwa daun singkong mengandung sianida, dan jika kondisi kambing tidak kuat, maka kambing bisa mati. Jumlah sianida yang terkandung dalam daun singkong, pastinya tidak sebanyak sianida yang digunakan Jesica untuk membunuh Mirna, tetapi tetap saja jika jumlahnya terakumulasi, maka akibatnya juga bisa menjadi fatal.

Akibat dari kejadian pemberian pakan daun singkong yang sebelumnya itu, maka saat ini peternak kambing tersebut mulai berhati-hati, saat memberikan daun singkong sebagai pakan kambing.

Mereka juga menyarankan agar saat memetik daun singkong, hanya mengambil yang muda saja, selain itu sebaiknya gunakan benda tajam seperti arit atau parang untuk memotong daun singkongnya. Jangan mematahkannya pucuk daun singkong menggunakan tangan, karena menurut mereka hasil petikan daunnya bisa berbeda.

Saran lain, yaitu saat memberikan daun singkong pada kambing, sebaiknya kambing jangan langsung diberi minum, karena bisa langsung menyebabkan kembung.

Jika bisa, jangan berikan daun singkong dalam keadaan segar, tetapi lebih baik jika daun singkong tersebut di layukan terlebih dahulu. Tujuannya agar kandungan sianida yang ada di dalamnya berkurang.

Jika memang kambing sudah terlanjur mengalami kembung, ada satu cara yang sering digunakan oleh para peternak, yaitu mereka akan memotong sedikit daun telinga kambingnya, sampai ada darah yang keluar. Jika sudah ada darah yang keluar, maka kambing bisa segera sembuh.

Ada juga peternak yang memberikan obat sakit maag, merk milanta pada kambingnya, dan dia mengaku bahwa itu saja sudah cukup untuk membuat kambingya yang terkena kembung menjadi sembuh kembali.

Tinggalkan Balasan