Memberi Pakan Bebek Petelur dengan Pakan Ayam Petelur

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman peternak bebek petelur, mengatakan bahwa dia mencoba untuk memberi makan bebeknya, dengan menggunakan pakan yang sebetulnya khusus untuk ayam petelur. Alasan utama yang dia ungkapkan, mengapa sampai dia mencoba hal tersebut, yaitu karena selisih harga pakan keduanya cukup tinggi.

Jadi, jika percobaan pemberian pakan ini berhasil, maka dia akan dapat menghemat uang yang cukup banyak. Selain itu mungkin karena nama belakang dari kedua pakan tersebut sama-sama petelur, maka menurut teman saya ini bahwa mungkin saja kalau keduanya bisa saling menggantikan.

Setelah percobaan tersebut dilakukan, jika dilihat dari luar, maka warna cangkang telur bebeknya, tidak banyak perubahan bila dibandingkan dengan warna cangkang telur sebelum pakannya diganti. Tetapi saat telur tersebut dipecahkan, ternyata warna kuning telurnya menjadi sangat pucat, dan hal ini menjadi masalah bagi para pengepul.

Pengepul yang biasa mengambil telur dari teman saya ini sampai melakukan komplain, dan karena hal tersebut maka telur bebek yang dihasilkan ini, sampai tidak diambil lagi. Karena menurut para pengepul tersebut bahwa kondisi telur seperti itu tidak laku dijual.

Biasanya kuning telur, yang dihasilkan dari peternakan bebek teman saya ini berwarna orange, sampai orange tua. Dan biasanya memang tidak pernah ada kompain seperti itu.

Karena percobaan tersebut, maka saat ini teman saya ini berusaha untuk mengembalikan kualitas telur yang dihasilkan oleh bebek-bebeknya itu. Hanya saja, sepertinya hal tersebut tidak semudah yang diharapkan, karena sampai seminggu pun, ternyata kualitas telur yang dihasilkan masih belum bisa kembali pulih. Meskipun pakan bebek petelur tersebut, sudah diganti kembali dengan pakan khusus bebek petelur.

Akibat percobaan ini, teman saya mengaku rugi cukup banyak. Nampaknya nilai gizi yang terkandung di dalam pakan bebek petelur, lebih banyak dari pada kandungan gizi yang ada pada pakan ayam petelur. Sehingga tidak salah jika harga jual keduanya sampai jauh berbeda seperti itu.

Tinggalkan Balasan