Telur Ayam Berlubang karena Dipatuk Induknya

Beberapa waktu ini, salah seorang teman peternak ayam mengeluhkan, soal kondisi telur yang dihasilkan oleh ayamnya mengalami pecah dan berlubang. Jika dilihat dari kondisinya, dapat dipastikan bahwa pecahnya telur tersebut akibat dari patukan induknya. Selain itu, telur tersebut juga terlihat seperti dimakan isinya.

Kejadian seperti ini memang sering menimpa peternak ayam petelur, jadi memang bukan sebuah kejadian langka. Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah, agar ayam tidak mematuk dan memakan telurnya sendiri.

Salah satu cara yang disarankan, yaitu dengan memotong ujung paruh ayam tersebut, biasanya setelah ujung paruh ayamnya dipotong, maka ayam tersebut akan mengalami stress selama beberapa hari, dan setelah itu ayam akan kembali pulih seperti biasa.

Hanya saja, ada peternak lain yang menyangsikan cara ini, karena saat ayam tersebut sudah sehat seperti sedia kala, maka dia akan kembali mematuki telurnya lagi.

Cara yang paling efektif untuk mencegah agar telur ayam tidak dimakan induknya, yaitu dengan sesegera mungkin mengambil telur tersebut setelah dikeluarkan. Jadi, semakin sering anda mengambil telur yang baru saja dikeluarkan, maka semakin sedikit telur tersebut yang

Sementara itu, ada peternak lain yang lebih memilih untuk menggunakan kandang yang lantainya miring ke luar, tujuannya agar saat telur ayam baru keluar, maka telur tersebut akan menggelinding sendiri keluar kandang.

Penyebab ayam mematuk dan memakan telurnya sendiri, bisa beraneka ragam. Tetapi secara garis besar, hal ini bisa terjadi karena faktor pakan ayamnya. Atau paling tidak, bisa terjadi karena faktor nutrisi yang ada dalam pakan tersebut.

Ada cerita juga dari salah seorang peternak yang mengatakan, bahwa tahun lalu dia pernah mengganti pakan ayam petelurnya dengan menggunakan pakan untuk ayam pedaging. Lalu setelah itu, banyak ayamnya yang memakan telurnya sendiri.

Ada peternak lain yang menyarankan agar kondisi kandang diberi jarak, hal ini karena kebiasaan ayam yang mematuki telurnya sendiri seperti ini, bisa menular ke ayam-ayam yang lain.

Tinggalkan Balasan