Bebek Mengalami Kaki Lumpuh

Pengalaman ini dialami oleh teman saya, jadi pada saat siang hari, ketika dia melakukan pengecekan rutin, ternyata ada bebeknya yang mengalami kelumpuhan. Jadi, kondisi kaki bebek tersebut kaku menjulur ke belakang. Pada saat itu kondisi bebek masih hidup, hanya saja kondisinya sudah semakin lemas saja.

Memang ada banyak teman peternak lain yang memberikan pendapatnya, kira-kira apa yang bisa menyebabkan hal ini terjadi.

Misalnya saja, ada peternak lain yang mengatakan bahwa hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi kandang yang terlalu kotor dan terlalu banyak air yang berceceran, atau bisa juga karena faktor makanan misalnya bebek tersebut baru saja menelan belatung.

Sebagai solusinya, dia menyarankan agar air di dalam kandang, sebaiknya hanya ada di bagian minumnya saja, dan selebihnya dari kandang tersebut harus kering. Selain itu, kebersihan kandang juga harus dijaga, terutama soal kebersihan kotoran bebeknya, harus sering dibersihkan.

Yang saya agak terkejut, ketika ada salah seorang peternak yang menanyakan, apakah bebek tersebut diberi pakan nasi? Ternyata dugaan beliau benar, bahwa bebek tersebut diberi pakan nasi yang dicampur dengan bekatul, sedangkan untuk siang hari, bebek tersebut diberi pakan keong sawah.

Beliau bertanya demikian karena dia juga pernah memiliki bebek yang diberi makan nasi, dan ternyata bebek tersebut mengalami lemas, dan setelah menu nasi dihilangkan dari pakannya, ternyata bebeknya bisa sehat kembali. Saran dari beliau, sebaiknya pemberian pakan nasi ke bebek dihentikan saja, karena ditakutkan akan membuat bebek menjadi lemas.

 

Tetapi jika bebek tersebut menelan belatung, maka seorang teman lain mengatakan, bahwa solusinya bebek tersebut dapat diberi makan potongan es batu kecil, yang langsung dimasukkan ke dalam mulutnya. Selanjutnya untuk kakinya yang lumpuh tersebut, dapat diolesi dengan minyak tanah.

Ternyata selain diberi makan es batu, bisa juga bebek tersebut diberi minum minyak goreng. Hanya saja saat diberi minum minyak goreng, maka harus juga disediakan air minum dalam jumlah yang banyak, karena setelah diberi minum minyak goreng, bebek tersebut akan sangat haus, sehingga dia akan minum air yang banyak. Setelah itu baru bebek akan segera sembuh.

Tinggalkan Balasan