Proses Pembuatan Telur Asin

Beberapa waktu yang lalu ada pelatihan tentang pembuatan telur asin, yang dilakukan di daerah sekitar tempat tinggal saya. Hal ini karena, beberapa orang tetangga saya adalah peternak bebek petelur, dan untuk meningkatkan harga jual telur bebek tersebut, maka diadakanlah pelatihan ini.

Dalam pembuatan telur asin, bahan yang harus dipersiapkan yaitu :

  1. Bubuk Bata Merah : Bisa kita dapatkan dengan menumbuk halus batu bata bekas. Jika disekitar rumah saya masih banyak orang yang menggunakan semen merah, sehingga bubuk bata merah cukup banyak tersedia, dan jika ingin mendapatkannya juga mudah.
  2. Garam Grosok : disebut juga sebagai garam kasar, atau biasa dikenal juga sebagai garam non yudium. Garam grosok adalah jenis garam sederhana yang dipanen dari air laut.
  3. Air Garam : akan kita gunakan nanti, dalam pembuatan adonan bata merah.
  4. Telur Bebek : sebagai bahan baku utama.
  5. Wadah : untuk mencampur adonan bata merah dengan telur bebek. Bisa menggunakan ember, atau bak plastik, ataupun lubang khusus di dalam tanah.

 

Tahap pertama :

Untuk takaran yang di anjurkan yaitu, setiap 4 Kg bubuk bata merah maka tambahkan 1 kg garam grosok. Lalu aduk-aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Kemudian tambahkan air garam, sedikit demi sedikit, hingga membentuk adonan basah.

Tahap kedua :

Ambil wadah yang sudah kita siapkan tersebut, lalu alasi dengan adonan yang sudah kita buat di atas. Setelah itu siram lapisan tersebut dengan menggunakan sedikit air garam. Baru setelah itu susun telur bebek dengan rapat di atas adonan tersebut. Lalu taburi garam di atas telur bebek yang sudah disusun tersebut secara merata, lalu tutup kembali telur bebek dengan menggunakan adonan bata merah.

Lakukan cara tersebut, hingga membentuk empat lapis, atau disesuaikan saja dengan luas embernya. Selama tahap penyimpanan, usahakan agar lapisan bata merah tersebut tetap dalam keadaan basah, jadi saat mengering usahakan agar lapisan tersebut disemprot dengan air.

Tapah ketiga :

Setelah satu minggu, proses pengasinan telur asin telah selesai. Pada saat itu telur bisa dibersihkan lalu direbus, setelah matang, telur siap disajikan.

Sebagai catatan tambahan, bahwa semakin lama kita merendam telur asin di dalam adonan, maka telur akan terasa semakin asin. Selain itu, sebenarnya banyak bahan dan cara yang dapat digunakan untuk membuat telur asin. Hanya saja, jika anda mengikuti petunjuk pembuatan yang sudah dituliskan di atas, maka orang yang meberikan resep tersebut, menjamin bahwa cara itu akan berhasil.

Tinggalkan Balasan