Alasan Kandang Kambing Kebanyakan Dibuat dengan Model Panggung

Yang saya maksud sebagai panggung di sini, adalah kondisi lantai kandang yang tidak bersentuhan langsung dengan tanah, biasanya ada jarak antara tanah dan lantai kandang, atau dengan kata lain lantainya menggantung. Biasanya lantai kandang akan ditopang oleh pilar-pilar pada bagian sudut-sudutnya.

Mungkin banyak orang yang masih menyakan, mengapa kandang kambing harus dibuat dengan bentuk panggung. Atau mengapa tidak dibuat seperti kandang kambing yang ada di luar negri, yaitu yang kandangnya cukup menggunakan latai beton dan dialasi dengan jerami sisa pakannya saja, sedangkan dindingnya menggunakan dinding tembok. Mirip seperti gambaran kandang domba yang ada di film kartun anak-anak “Sound The Sheep”.

Salah seorang peternak yang saya temui mengatakan, bahwa bentuk kandang kambing yang ada di Indonesia harus berbentuk panggung, hal ini berkaitan dengan kondisi iklim yang ada di Indonesia. Di Indonesia, iklimnya adalah tropis lembab, sehingga hal ini menyebabkan kondisi udara yang hangat dan lembab.

Jadi, jika kambing yang kita pelihara dalam kandang menggunakan lantai beton dengan alas jerami, maka hal ini malah tidak sehat untuk kambing, karena kandungan amoniak yang berasal dari kotoran dan urine kambing itu sendiri, akan segera naik dan terhirup kembali oleh kambingnya.

Akibat dari kondisi ini, maka kambing akan sangat rentan terkena pneumonia (penyakit radang paru-paru, akibat dari sanitasi dan sirkulas yang buruk), dan pastinya setelah terkena penyakit ini, maka kambing tinggal menunggu waktu kematiannya saja.

Biasanya kandang yang menggunakan lantai beton dan dialasi jerami, adalah kandang yang berasal dari daerah empat musim / subtropis. Jadi, pada saat memasuki musim dingin, kambing akan dimasukkan ke dalam kandang tertutup dengan lantai dari beton yang dialasi jerami sisa pakan. Lalu pada saat jerami itu sudah lembab, maka jerami tersebut akan diganti dengan yang baru, dan begitu seterusnya.

Tetapi meskipun demikian, ternyata beberapa peternak dari luar negri yang sudah melihat sistem ternak kambing menggunakan kandang berbentuk panggung. Mereka mengatakan bahwa cara ini lebih baik dari pada cara yang mereka gunakan selama ini, dan dia ingin mengaplikasikan sistem kandang berbentuk panggung seperti ini di tempat asalnya.

Tinggalkan Balasan