Gedebog / Batang Pohon Pisang Sebagai Pakan Sapi

Sebenarnya dasar pemikiran gedebong (batang pokok pohon pisang) ingin dijadikan sebagai pakan sapi, karena di daerah sekitar tempat tinggal saya banyak batang pohon pisang. Dan pada saat panen pisang, maka jumlah batang pohon pisang yang berserakan bisa sangat banyak.

Kemarin saat ada pertemuan peternak, ada salah seorang peternak yang bertanya apakah batang pohon pisang ini bisa dijadikan sebagai pakan untuk sapi. Karena menurut dia, batang pohon pisang sudah sering dia jadikan sebaagai pakan tambahan untuk bebek peliharaannya, tetapi memang belum pernah digunakan sebagai pakan sapi.

Pada saat itu ada salah seorang peserta yang menanggapi, bahwa menurut dia batang pohon pisang bisa dijadikan pakan, dan pakan dari batang pohon pisang gizinya cukup baik. Selain itu dia menambahkan, bahwa batang pohon gajih / pisang kepok adalah yang paling baik jika dijadikan pakan sapi, meskipun batang pohon pisang lain juga bisa dijadikan sebagai pakan.

Menurut dia sebaiknya batang pisang tersebut dicampur dengan dedak, karena dapat membuat sapi lebih cepat gemuk. Selain itu sebaiknya batang pisang ini jangan dijadikan sebagai pakan utama, tetapi hanya pakan tambahan saja, dan usahakan agar jumlahnya juga tidak terlalu banyak. Yaitu, sehari diberikan satu kali, misalnya pada siang saja, sementara untuk pagi dan sore tetap diberikan pakan hijauan biasa.

Selain dicampur dengan menggunakan dedak, batang pisang tersebut juga bisa dicampur dengan menggunakan jerami, menurut peserta tersebut, bahwa dengan cara ini maka dapat mencegah sapi mengalami mencret.

Menurut peserta itu, bahwa selama berapa tahun terakhir ini menggunakan gedebog / batang pohon pisang sebagai pakan sapi, dia tidak pernah mengalami masalah apapun pada sapi peliharaannya

Tinggalkan Balasan