Alasan Anak Ayam Perlu Dihangatkan / Diberi Penghangat

Biasanya anak ayam yang baru lahir di tempat kami akan diasuh oleh induknya sampai waktunya disapih, tetapi kadangkala ada suatu hal, sehingga anak ayam tersebut tidak dirawat oleh induknya. Sehingga kita yang harus merawatnya. Dan perawatan yang paling sering diberikan oleh peternak adalah pemberian penghangat.

Misalnya saja pada saat siang hari, anak ayam akan dijemur di bawah terik sinar matahari selama beberapa jam. Lalu pada saat malam hari ayam akan ditempatkan pada wadah yang hangat, ditambah dengan alas tidur yang hangat, dan ditambah dengan lampu pijar sebagai penghangat buatan.

Bahkan menurut beberapa orang peternak, anak ayam yang baru menetas setidaknya memerlukan lampu pijar dengan kekuatan 60 W, dan setelah agak besar maka lampu tersebut dapat diganti dengan yang lebih kecil yaitu 40 W.

Menurut para peternak ayam yang saya temui, mereka mengatakan bahwa anak ayam yang baru saja menetas, memerlukan kehangatan yang cukup untuk dapat bertahan hidup, dan jika suhu udaranya terlalu dingin maka mereka akan mati.

Selain itu anak ayam belum mampu untuk menghasilkan panas inti di dalam tubuhnya sendiri dalam jumlah yang cukup.

Karena itu mereka masih memerlukan bantuan dari luar, misalnya saja dari panas yang dihasilkan oleh induknya, selain itu kita juga bisa memberikan panas buatan dari lampu pijar (untuk anak ayam yang tidak dirawat induknya).

Bagi para peternak ayam biasanya saat anak ayam berada di bawah terang lampu, maka mereka akan senantiasa terjaga, karena itu air dan pakan harus senantiasa ada. Sehingga saat anak ayam tersebut lapar, mereka dapat makan dan minum.

Dengan panas yang cukup, dan disertai dengan pakan dan minum yang terpenuhi jumlah dan gizinya, maka diharapkan anak ayam dapat tumbuh dengan sempurna, meskipun tanpa bimbingan dari induknya.

Sebagai tambahan bahwa alasan mengapa lampu pijar yang menghabiskan daya cukup banyak yang digunakan oleh peternak dalam menghangatkan anak ayam. Yaitu, karena lampu hemat energi seperti jenis lampu Halogen ataupun lamput LED, tidak dapat menghasilkan panas yang cukup, meskipun memiliki tingkat keterangan yang baik. Jadi, di sini yang dibutuhkan adalah panasnya, dan bukan terangnya.

Tinggalkan Balasan