Mengajarkan Sapi Untuk mau Makan Dedak

Beberapa waktu yang lalu salah satu teman peternak sapi, mengeluhkan soal sapinya yang tidak mau diberi makan dedak. Hal ini karena teman saya ini, ingin agar sapinya mendapat asupan makanan yang lebih beragam, agar gizinya bisa lebih banyak.

Selain itu kadang kala, teman saya ini tidak bisa mencari rumput setiap hari. Karena itu jika sapinya bisa mengkonsumsi dedak, maka pada saat dia tidak bisa mencari rumput, maka sapinya bisa diberi pakan dedak, yang pastinya dedak bisa lebih praktis, dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Kemudian salah satu kawan lain, menanggapi pertanyaan ini. Dan mengatakan bahwa cara untuk dapat membuat sapi agar dapat makan dedak, yaitu :

Pertama, campurkan saja garam dengan sedikit dedak, pada satu wadah dan tempatkan dekat dengan tempat pakan sapi tersebut. Tujuannya, agar sapi dapat mengenal aroma dedak terlebih dahulu. Kemudian keesokan harinya ulangi lagi pemberian dedak tersebut, tujuannya agar sapi menjadi terbiasa dengan dedak.

Jika memang pada hari pertama, dedak yang disediakan tidak dimakan, maka itu tidak apa-apa. Kemudian jika hari-hari berikutnya dedak hanya dimakan sedikit, maka itu sudah cukup baik, dan terus berikan menu tersebut sampai sapi menjadi terbiasa.

Pada saat jumlah dedak yang diberikan sudah dimakan oleh sapi dan dihabiskan, maka besoknya dedak tersebut dapat ditambah lagi jumlahnya. Dan jika dedak tersebut dihabiskan lagi, maka besoknya dedak tersebut dapat ditambah lagi, sampai kira-kira jumlah dedak yang dapat dihabiskan oleh sapi mencapai tingkat maksimal.

Cara yang lain yaitu, jika anda memiliki sapi yang sudah terbiasa dan suka makan dedak, maka sebaiknya sapi tersebut diletakkan pada kandang yang sapinya tidak suka makan dedak.

Tujuannya agar sapi yang sudah terbiasa makan dedak tersebut dapat menjadi contoh, sehingga dapat mengenalkan cara memakan dedak pada sapi yang belum terbiasa tersebut. Dengan cara ini, menurut teman saya, sapi yang tidak biasa makan dedak menjadi lebih cepat terbiasa.

Tinggalkan Balasan