Mengobati Sapi Dan Kambing yang Mengalami Kelumpuhan

Ada salah seorang teman yang memiliki sapi dan kambing di rumahnya, dia bercerita bahwa beberapa waktu yang lalu, sapi miliknya mengalami kelumpuhan. Teman saya ini bercerita, bahwa sapi dan kambingnya memang sering mengalami kelumpuhan tiba-tiba.

Terkadang sapi tersebut ambruk dan tidak tidak mau berdiri lagi, teman saya ini bercerita, bahwa pada saat itu dia sangat bingung, karena jika sampai ada apa-apa, pasti kerugian yang dialami oleh teman saya ini, akan sangat banyak sekali.

Pada saat itu teman saya sudah memanggil mantri hewan, untuk melihat kondisi sapinya tersebut, tetapi ternyata tidak ada hasilnya, dan sapi tersebut tetap tidak mau berdiri.

Mungkin dengan sedikit pasrah, nekat, putus asa, maka teman saya ini mencoba untuk memberikan obat resep dokter untuk mengobati penyakit asam urat yang diderita oleh nenek teman saya ini. Karena kondisi pada saat itu, jika didiamkan saja, maka sapi tersebut pasti akan semakin buruk keadaannya, maka tidak ada salahnya jika dia dicoba obat tersebut.

Ternyata di luar dugaan, bahwa setelah diberikan obat asam urat tersebut, sebanyak tiga kali sehari dalam jangka waktu tiga hari. Sapi milik teman saya ini sudah dapat berdiri lagi, dan nampak sudah semakin baik saja. Dan setelah itu memang kondisi sapinya bisa sehat kembali.

Obat asam urat yang digunakan untuk mengobati sapi yang ambruk tersebut, adalah Piroxicam, Allopurinol, dan Molacort.

Beberapa waktu setelah kejadian itu, ternyata kambing milik teman saya ini juga mengalami ambruk mirip seperti sapi miliknya dulu, dan kambing tersebut juga diberikan resep yang digunakan untuk sapinya dulu. Ternyata kambing yang sakit tersebut, juga bisa sembuh dan bangkit lagi.

Menurut teman saya, bahwa obat tersebut dapat dibeli di apotek biasa, dan harganya juga cukup terjangkau, tidak terlalu mahal.

Tetapi teman saya ini mengingatkan, sebagai langkah pencegahan, agar sapi dan kambing yang lain tidak terkena penyakit seperti yang dialami sebelumnya, maka saat ini diusahakan agar sapi dan kambing miliknya harus dipanaskan walaupun hanya sebentar, saat pagi hari.

Selain itu sebaiknya untuk pakan yang diberikan kepada sapi harus diberikan mineral, sebagai langkah pencegahan agar sapi dan kambing tidak gampang sakit.

Tinggalkan Balasan