Harga Bibit Lele di Jombang

Harga bibit lele ini saya dapatkan dari salah seorang teman di daerah Jombang. Dia adalah seorang peternak pembibitan ikan lele, jadi memang sudah terbiasa dengan urusan bibit ikan lele. Untuk harga yang dia tawarkan, saya rasa hampir sama, seperti harga bibit yang saya dapatkan di daerah Malang Raya.

Tetapi bukan tidak mungkin bahwa harga yang ditawarkan tersebut akan berbeda untuk daerah lain, karena itu sebaiknya harga yang akan ditampilkan ini jangan dijadikan patokan, tetapi mungkin sebagai referensi saja.

Harga bibit ikan lele :

NoKeteranganHarga
1Ukuran 3 cmRp   65 / ekor
2Ukuran 4 cmRp   85 / ekor
3Ukuran 5 cmRp 105 / ekor
4Ukuran 6 cmRp 125 / ekor
5Ukuran 7 cmRp 150 / ekor
6Ukuran 8 cmRp 170 / ekor

 

Yang pasti dengan ukuran bibit yang semakin besar, meskipun dengan harga yang lebih mahal. Yang pasti proses pemeliharaan lele akan semakin singkat, sehingga proses panen bisa lebih cepat.

Selain itu bibit yang lebih besar, bisa tahan terhap penyakit, perubahan suhu, dan stress, bila dibandingkan dengan bibit yang lebih kecil. Lagi pula kita juga tidak perlu lagi melakukan sortir sampai panen tiba.

Tetapi pastinya jika ingin biaya budidaya yang lebih murah, maka harus mengambil bibit yang ukurannya paling kecil, karena harganya yang paling murah. Lagi pula harga pembelian pakan untuk pembesaran bibit yang paling kecil, juga akan lebih murah dari pada harga bibit yang paling besar.

Meskipun demikian, jika bibit yang diambil ukurannya kecil, maka anda juga harus bersiap-siap, karena tenaga dan konsentrasi yang dikeluarkan juga akan lebih banyak, dengan waktu tunggu sampai panen yang lebih panjang.

 

Bagaimanapun juga, semua keputusan yang anda ambil pasti ada sisi positif dan negatifnya. Jadi, lebih baik disesuaikan saja dengan kondisi anda, mana yang lebih menguntungkan untuk anda.

Tinggalkan Balasan