Harga Tepung Ikan dari Beberapa Kadar Protein

Salah satu faktor yang sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam bidang peternakan adalah faktor pakan. Pakan di sini meliputi soal takaran pakan yang diberikan, kandungan gizi dalam pakan tersebut, dan berapa kali ternak tersebut diberi pakan dalam sehari.

Pastinya ternak yang diberi pakan yang lebih banyak, dengan kandungan gizi yang baik, pasti akan menghasilkan panen yang lebih baik, dari pada ternak yang hanya diberikan pakan ala kadarnya. Dan salah satu kandungan yang harus tersedia dalam pakan adalah protein.

Beberapa jenis ternak yang saya tahu yang memerlukan tambahan protein dalam pakannya, misalnya seperti budidaya ikan (dari hampir semua jenis), unggas (mulai dari ayam, itik, bebek, entog, kalkun, angsa, dll).

Kemarin seorang teman berbagi kepada saya soal harga tepung ikan yang dia beli. Tepung ikan tersebut digunakan untuk tambahan pakan ternaknya. Menurut dia tepung ikan tersebut ada beberapa kadar protein, dan pastinya semakin tinggi kadar protein dalam tepung ikan tersebut, maka semakin mahal harganya.

Harga Tepung Ikan tersebut adalah :

No Kandungan tepung ikanHarga
1Protein 30 %Rp 3.500 / Kg
2Protein 35 %Rp 3.800 / Kg
3Protein 40 %Rp 4.300 / Kg
4Protein 50 %Rp 4.500 / Kg

 

Harga di atas adalah harga di tempat, dan pastinya untuk pengiriman jarak jauh akan dikenakan tambahan ongkos kirim, tetapi biasanya jika tepung ikan yang diambil cukup banyak maka ongkos kirim bisa lebih murah ataupun bisa gratis. Tetapi yang pasti besaran ongkos kirim akan ditentukan oleh negosiasi dengan penjual nantinya.

2 comments

    • Weka on 28 Februari 2018 at 9:17 pm

    Reply

    terima kasih, info di web anda sangat bermanfaat untuk petani ikan. Mohon dibuatkan juga list rekomendasi penjual-penjual tepung ikan yang memiliki kualitas baik dan harga kompetitif beserta lokasinya?

      • Remi on 1 Maret 2018 at 5:24 am
      • Author

      Reply

      Sebetulnya saya sudah memiliki satu artikel yang judulnya “Data Penjual Pakan Ikan di Indonesia”, dan dapat digunakan untuk menampilkan data penjual pakan. Tetapi sepertinya artikel tersebut sepi peminat sehingga artikel tersebut tidak bertahan lama pada halaman pertama google, dan akhirnya tenggelam kembali.

      Karena itu komentar seperti ini bisa sangat membantu agar artikel tetap dapat bertahan pada halaman pertama google.

Tinggalkan Balasan