Harga Pakan Alternatif untuk Ternak

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang mengirimkan harga pakan ternak kepada saya. Sedangkan yang dimaksuk pakan ternak di sini adalah pakan alternatif selain pakan hijauan. Pakan tersebut cocok untuk dijadikan pakan alternatif bagi sapi, kambing, ataupun domba.

Pakan ini akan dikirim dari gudang yang ada di Klaten – Jawa Tengah. Sehingga ongkos kirim pakan tersebut akan disesuaikan dengan jarak ke lokasi tujuan. Tetapi jika anda mengambil barang lebih dari 2 ton, maka harga yang tercantum sudah termasuk ongkos kirim (tidak dikenai ongkos kirim). Dan daftar harga yang saya terima yaitu :

NoKeteranganHarga
1Bungkil kopraRp 2.800 / Kg
2Jenjet jagungRp 1.200 / Kg
3Kulit kacang hijauRp 1.600 / Kg
4KleciRp 3.700 / Kg
5Onggok kering asalanRp 1.600 / Kg
6Bungkil sawitRp 1.500 / Kg
7Temon feed 212Rp 2.200 / Kg
8Temon feed 408Rp 1.600 / Kg
9Weat Bran SemarangRp 160.000/sak

 

Mungkin di antara para pembaca ada yang tidak mengerti dengan istilah yang saya tuliskan di atas, hal ini karena istilah tersebut lebih ke arah penyebutan lokal yang sering digunakan di daerah asalnya. Karena itu, saya akan menjelaskan sedikit tentang istilah yang sudah saya sebutkan di atas.

Bungkil dapat diartikan sebagai ampas, jadi jika itu adalah bungkil kelapa atau kelapa sawit, maka bungkil adalah ampas dari kelapa atau kelapa sawit yang telah dimbil minyaknya.

Jenjet jagung atau yang lebih sering kita kenal sebagai bonggol jagung, adalah tempat dimana biji jagung menempel.

Kleci, atau biasa juga disebut sebagai umbi kleci atau kentang kleci, adalah sejenis umbi yang banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional, berukuran sebesar ibu jari, dan memiliki kulit berwarna hitam.

Onggok atau biasa juga disebut dengan asalan, adalah sisa gilingan dari proses pembuatan tepung tapioka, yaitu tepung yang berasal dari singkong atau ubi kayu.

Temon feed adalah merk dagang dari perusahaan yang menjual pakan sapi, kambing, dan domba.

Weat Bran atau yang lebih kita kenal sebagai bekatul, yaitu merupakan bagian terluar dari bulir biji yang terbungkus oleh sekam. Biasanya bekatul berasal dari padi, jagung dan gandum.

    • erwin widiyantoro on 25 Februari 2020 at 9:57 pm

    Reply

    Saya tertarik dengan janggel jagungnya mas,,bisa minta alamat klatennya dmn? kebetulan sy dr ungaran semarang soalnya. kalo boleh,,tak sowan ke lapak jenengan.
    kalo ada nomer WA malah sangat membantu buat komunikasi…..
    terima kasih

      • Remi on 4 Maret 2020 at 8:41 pm
      • Author

      Reply

      Untuk daerah tepatnya saya tidak tahu, karena dalam web ini saya bisa menerima informasi lalu menuliskannya kembali dalam bentuk artikel tersendiri, jadi memang tidak benar-benar saling mengenal secara pribadi. Mohon maaf.

    • arif on 15 April 2020 at 2:34 pm

    Reply

    yg di maksud kleci adalah kulit kedelai..bukan umbi umbian itu

      • Remi on 12 Mei 2020 at 7:14 pm
      • Author

      Reply

      Terima kasih atas koreksi dan masukannya, karena data yang saya terima dari penjualnya sudah seperti ini, sehingga untuk penyebutan, saya langsung menggunakan istilah yang digunakan oleh penjualnya saja.

Tinggalkan Balasan