Cara Memandikan Chincila

Sama seperti hewan yang lain, chincila juga perlu suatu treatment untuk membersihkan dirinya. Hanya saja karena bulu chincila ini sangat halus, padat dan lembut, maka cara memandikannya juga menjadi istimewa, dan berbeda dari hewan lainnya, misalnya saja seperti anjing ataupun kucing, yaitu yang masih menggunakan air dan shampo.

Karena yang disebut mandi oleh chincila, itu artinya membersihkan bulu-bulunya dengan menggunakan abu vulkanik gunung berapi. Alasan mengapa harus pasir abu vulkanik yang digunakan untuk mandi chincila, yaitu pasir biasa tidak bisa menembus masuk ke dalam sela-sela bulu chincila, dan hanya abu vulkanik tersebut yang bisa menembus rambut super lebat chincila.

Dan jangan pernah sekali-kali memandikan chincila dengan menggunakan air. Hal ini karena air yang sudah masuk ke dalam rambut chincila akan sangat sulit untuk bisa keluar lagi, sehingga bulu chincila akan sulit kering kembali.

Sehingga sekali saja chincila basah, maka mereka akan mudah untuk kehilangan panas tubuhnya, sehingga mereka akan menjadi mudah untuk sakit, dan jika sudah demikian maka mereka akan lebih mudah untuk mati.

 

Sebenarnya kita tidak perlu memandikan chincila tersebut secara langsung, karena kita tinggal meletakkan saja abu vulkanik tersebut di dalam sebuah wadah, dan wadah tersebut tinggal kita masukkan ke dalam kandang chincila, maka dia akan mandi sendiri saat merasa perlu.

Selain karena memang jenis abu vulkanik saja yang dapat menembus rambut super padat dari chincila, ternyata abu vulkanik ini, juga memiliki beberapa manfaat lain bagi chincila. Diantaranya abu vulkanik dapat membantu mengurangi air dan minyak yang dikeluarkan oleh tubuh chincila, dan abu vulkanik juga dapat membuat warna bulu chincila tampak lebih berkilauan, sehingga bisa menambah keindahan bulunya.

Sebenarnya karena rambut super padat yang dimiliki oleh chincila, maka tidak akan ada kutu yang dapat masuk dan menembus rambut tersebut, dan kalaupun ada maka kutu tersebut akan sulit untuk dapat hidup di dalam rambut chincila, karena bulunya yang sangat padat. Maka dari itu mandi dengan menggunakan abu vulkanik, sudah lebih dari pada cukup.

Biasanya kandang dan juga perlengkapan lain untuk memelihara chincila ini sudah tersedia di pet shop tempat membeli chincila, termasuk pakan dan abu vulkanik gunung berapi untuk keperluan mandi.

Tinggalkan Balasan