Perawatan Sehari-hari untuk Menjaga Kesehatan Ikan Cupang

Perawatan rutin yang harus dijaga dalam budidaya ikan cupang adalah pemberian pakannya, hal ini karena ikan cupang merupakan jenis ikan pemakan daging / karnivora. Maka hal ini membuat ikan cupang dapat mencerna makanannya dengan cepat, sehingga ketersediaan jumlah pakannya harus dijaga.

Salah satu pakan yang cocok untuk diberikan pada ikan cupang, yaitu cacing sutra / cacing darah / cacing rambut, karena pakan ini memiliki kandungan gizi yang baik, sehingga bagus untuk menjaga warna ikan cupang. Khasiat lainnya, yaitu berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan, dan meningkatkan kesehatannya.

Jenis pakan lain yang juga bagus untuk cupang adalah jentik nyamuk. Hal ini karena jentik nyamuk memiliki protein, lemak, dan serat yang cukup tinggi. Khasiatnya bisa dikatakan mendekati cacing sutra. Sedangkan jenis pakan lain yang dapat diberikan kepada cupang, yaitu seperti ikan kecil / burayak.

Saya dengar ada juga peternak lain yang menggunakan kuning telur ayam rebus atau daging segar cincang sebagai pakan ikan cupang, hanya saja jika menggunakan kuning telur, maka aquarium menjadi cepat kotor dan bau, jadi mengharuskan peternak sering melakukan pergantian air.

Selain pemberian pakan, hal lain yang harus diperhatikan saat beternak ikan cupang yaitu soal pembersihan aquariumnya. Biasanya proses penggantian air di dalam aquarium dapat dilakukan tiap dua atau tiga hari sekali, atau tergantung dari tingkat kekotoran aquarium tersebut.

Untuk proses pergantian air di dalam aquarium, sebaiknya tidak dilakukan dengan mengganti air secara keseluruhan, hal ini dimaksudkan agar kondisi air (Ph dan kandungan lain) tidak berubah secara drastis. Biasanya air yang dibuang cukup 2/3 dari keseluruhannya, setelah itu air yang masih tersisa dalam aquarium tersebut, dapat langsung ditambah dengan air baru.

Metode pembersihan yang paling banyak digunakan oleh peternak yaitu, dengan menyedot kotoran yang ada di dasar aquarium menggunakan selang air. Hal ini karena kotoran dan sisa pakan ikan cupang lebih banyak tenggelam di dasar aquarium.

Untuk perawatan rutin dan menjaga kesehatan ikan cupang, dapat dilakukan dengan cara memasukkan daun ketapang kering yang sudah dilumatkan ke dalam aquarium ikan cupang, selain itu penambahan sedikit garam non-yudium (garam grasak) juga dapat membantu menjaga kesehatan ikan cupang. Garam ini berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri.

Mungkin hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan ikan cupang, yaitu dengan meletakkan aquarium cupang pada tempat yang masih terkena sinar matahari. Hal ini diperlukan untuk menjaga suhu tubuh ikan, dan membantu memperlancar sistem pencernaannya.

Tinggalkan Balasan