Tips menentukan lokasi kolam lele sekitar rumah

Sebelum memulai untuk memelihara lele maka ada baiknya jika terlebih dahulu, memperhatikan kondisi yang ada di sekitar rumah, atau sekitar tempat yang akan dijadikan sebagai kolam. Karena pengamatan ini juga akan membantu untuk menentukan metode apa yang paling tepat untuk diterapkan oleh para peternak.

Untuk beberapa waktu sekali kolam lele akan mengeluarkan bau yang kurang sedap (ini merupakan sesuatu hal alami untuk ikan lele yang kita pelihara), maka dari itu untuk peternak lele yang memiliki lahan yang berada di tengah permukiman padat, harus berhati-hati karena bau yang ditimbulkan dari kolam lele ini dapat menggangu tetangga sekitar.

Jika memiliki lahan yang cukup luas maka, dapat dipergunakan untuk membuat beberapa kolam, sehingga dengan memiliki beberapa kolam, peternak akan  dapat memisahkan lele berdasarkan ukurannya, sehingga lele dapat lekas dewasa, dan dapat mengurangi resiko perkelahian antar ikan.

Sumber air yang tersedia di sekitar kolam juga menentukan. Lele memang bukan jenis ikan yang memerlukan air dalam jumlah banyak, tetapi tetap saja memerlukan air dalam jumlah yang cukup, karena untuk kolam lele setiap beberapa waktu sekali juga memerlukan pengatian air. Jika air kolam lele tidak diganti, memang tidak berpengaruh banyak terhadap perkembangan ikan sendiri. Tetapi jika tidak diganti air kolamnya, akan menimbulkan bau sangat mengganggu orang, yang ada di sekitar lingkungan kolam.

Sumber air untuk kolam kita dapat berasal dari sungai, sumur ataupun berasal dari perusahaan air minum publik, memang setiap sumber air yang kita pilih tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga akan memerlukan perlakuan yang berbeda pula untuk tiap sumber airnya. Untuk kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sumber air ini akan dibahas dalam artikel yang lain.

Selanjutnya adalah menentukan arah membuang limbah air kotor bekas kolam lele, air buangan lele ini sangat kotor dan berbau tidak sedap, jadi memerlukan perlakuan agak khusus untuk membuangnya. Untuk dibuang ataupun dimanfaatkan untuk hal yang lain, tetap saja air kolam lele ini perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan pertengkaran dengan orang lain yang merasa terganggu dengan bau dari sisa air kolam lele kita.

Demikian beberapa hal yang harus kita mengerti terlebih dahulu sebelum kita memulai untuk beternak lele.

Tinggalkan Balasan