Klasifikasi Ilmiah Ikan Cupang

Pada saat ini, ikan cupang sudah menjadi ikan favorit bagi masyarakat kita, dan memelihara ikan cupang sekarang bukan monopoli dari orang dewasa saja, karena anak-anak juga sudah mulai banyak yang mencoba untuk memelihara cupang. Bahkan saya sendiri sudah mulai bermain ikan cupang semenjak baru masuk SMP, pada saat itu saya merasa bahwa pasaran dan juga pamor ikan cupang tidak seheboh saat ini.

Karena pada saat itu ikan cupang hanya sebatas ikan aduan, dan pastinya hanya dirawat untuk bertarung sampai mati. Sementara saat ini, selain digunakan sebagai ikan aduan, ikan cupang juga dilombakan sebagai ikan kontes. Jadi, boleh saya bilang ikan cupang saat ini sudah naik kelas, sehingga dari sisi bentuk dan corak warna, ikan cupang sudah lebih bagus, bila dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun yang lalu.

Dengan kedekatan kita pada ikan cupang, maka tidak ada salahnya jika kita bisa mengenal lebih dekat tentang ikan air tawar yang satu ini. Dan untuk nama ilmiah ikan cupang, yaitu :

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Actinopterygii

Ordo                : Perciformes

Famili              : Sophronemidae

Subfamili         : Macropodusinae

Genus              : Beta

Bleeker, 1850

(Sumber nama ilmiah : Wikipedia)

 

Dengan mengenal lebih dekat ikan cupang tersebut, mungkin kita bisa lebih menghargainya, atau bahkan kita bisa meningkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Sedangkan untuk sikap hidup, perkembangan, sejarah, bentuk, ciri fisik dan keunikan dari ikan cupang, akan saya coba bahas pada artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan