Pengalaman Pribadi saat Membeli Aquarium

Saya sedang mencoba untuk memulai budidaya udang hias, karena itu sebagai media untuk budidaya saya memerlukan aquarium yang baru, sehingga saya berusaha untuk melakukan beberapa survei ke beberapa lokasi untuk menentukan aquarium mana yang kualitasnya paling baik dengan harga paling murah.

Kemungkinan untuk aquarium yang saya butuhkan berkisar pada ukuran 40 x 20 cm dengan tinggi 30 cm. Alasannya karena aquarium yang lebih kecil akan lebih mudah untuk dipindahkan dan lebih mudah untuk dibersihkan dan dirawat.

Tempat pertama saya coba datangi adalah pengrajin furniture dari bahan alumunium, yang ada di sekitar tempat tinggal saya, dan setelah saya mencoba untuk memesan aquarium di sana, ternyata menurut pengrajin di sana, harga yang diminta adalah Rp 150 rb / buah, untuk ukuran aquarium yang saya butuhkan.

Sedangkan waktu pengerjaannya, bisa memakan waktu sekitar tiga hari atau mungkin lebih. Sepertinya bengkel tersebut jarang mendapat pesanan aquarium, karena itu harganya bisa sangat mahal dari harga pasaran.

Karena harga pembanding yang saya gunakan adalah harga yang saya dapatkan dari komunitas jual beli yang ada di media sosial. Di komunitas tersebut harga yang ditawarkan memang terlihat murah, dan ukuran aquarium yang ditawarkan juga lumayan besar. Untuk aquarium seperti yang saya butuhkan tersebut rata-rata dijual pada kisaran harga Rp 60 rb – 80 rb / buahnya di komunitas media sosial tersebut.

Tetapi masalahnya adalah harga aquarium yang sebenarnya ada di pasaran itu berapa, itu yang saya tidak tahu. Dan saya membutuhkan harga pasaran, agar saya bisa mendapatkan harga pembanding yang tepat.

Lalu saya mencoba untuk datang ke pasar ikan yang ada di Kota Malang, dan di sana saya tahu bahwa ada penjual aquarium yang cukup banyak barang dagangannya, dan saya mencoba untuk bertanya-tanya soal aquarium yang ingin saya cari tersebut. Dan ternyata di tempat itu aquarium tersebut dijual dengan harga Rp 50 rb / buahnya.

Dan saya memutuskan untuk membeli saja aquarium di tempat itu, karena harganya yang paling murah, dan waktu saya lihat juga ketebalan kacanya cukup tebal yaitu kaca 5 mm, dan yang paling penting saat saya melakukan tes kebocoran, ternyata aquarium tersebut tidak bocor.

Lagi pula kondisi aquariumnya juga masih baru, tidak ada lumutnya, masih belum ada goresannya, dan tidak ada bekas karat airnya. Jadi, harga tersebut masih saya anggap yang paling murah, dari segi beberapa kali proses pencarian.

Sebenarnya di lokasi pasar ikan tersebut banyak sekali jenis ukuran, dan harga dari aquariumnya, jadi kita bisa mendapat lebih banyak pilihan. Untuk kisaran harga yang ukurannya lebih kecil dari pada yang saya beli tersebut, yaitu Rp 35 rb / buah. Sedangkan untuk yang lebih besar, harganya Rp 70 rb / buah dan ukuran yang lebih besar lagi Rp 80 rb / buah.

Tetapi untuk aquarium yang ukuran besar dengan banyak aksesoris dan juga hiasan harganya bisa mencapai Rp 200 rb atau lebih. Sedangkan untuk aquarium yang kecil untuk ikan cupang harganya mulai dari Rp 3,5 rb / buah. Dan untuk aquarium lingkaran berbentuk toples, dijual mulai dari harga Rp 15 rb / buah.

Tinggalkan Balasan