Kebiasaan Unik Kelinci Mencabuti Bulunya Sendiri saat Melahirkan

Saya menganggap bahwa kebiasaan hidup kelinci yang satu ini cukup unik, yaitu kelinci betina saat akan melahirkan anaknya, dia akan mencabuti sendiri bulu yang adadi bagian tubuh bawahnya, bahkan bulu yang dicabuti tersebut bisa sampai membuat kulit kelincinya menjadi bersih, halus dan mulus.

Dan menurut peternak kelinci yang saya datangi, dia mengatakan bahwa semakin pintar kelincinya, maka akan semakin bersih dia mencabuti bulunya tersebut. Menurut peternak tersebut, ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan saat kelinci melakukan pencabutan bulu seperti ini.

Yang pertama, bulu kelinci yang sudah tercabut akan dijadikan sebagai bantalan atau kasur bagi anak-anaknya yang akan lahir nanti, jadi anak-anaknya akan merasa hangat, lembut, dan terlindungi. Biasanya anak kelinci sampai mereka sanggup untuk hidup mandiri, mereka akan berlindung pada rontokan bulu induknya ini.

Fungsi yang kedua, yaitu bulu yang ada di bagian bawah tubuh kelinci, dapat menghalagi anak kelinci dalam menemukan puting susu induknya, dan pastinya juga akan menyulitkan anak kelinci dalam menyusu pada induknya. Karena itu jika bulu yang menutupi puting susu kelinci sudah dibersihkan, maka hal ini akan memudahkan anak kelinci dalam menyusu pada induknya

Biasanya semakin halus induk kelinci dalam mencabut bulunya, maka akan semakin baik bagi pertumbuhan anak kelincinya.

Saat anak kelinci sudah tumbuh besar, maka bulu yang ada di bagian bawah tubuh induk kelinci akan kembali tumbuh, dan pada saat itu kelinci akan siap untuk kawin lagi. Dan saat mengandung, induk kelinci akan mencabuti bulunya kembali, dan proses ini akan terus berlanjut seperti itu.

Tinggalkan Balasan