Cara Membersihkan Lumut, Kerak, dan Jamur pada Aquarium

Sebenarnya sayang juga jika kita memiliki aquarium yang tidak bocor, tetapi tidak bisa digunakan. Karena itu sebagian teman-teman penghobi ikan hias, biasanya setelah mereka bosan dengan ikan hias, maka aquarium yang sebelumnya selalu digunakan, sekarang menjadi tidak terurus, terbengkalai dan dilupakan.

Baru nanti setelah rasa bosannya hilang, dan ingin menggunakannya kembali, baru mereka akan mencari aquarium tersebut kembali. Tetapi biasanya kondisi aquarium yang sudah pernah digunakan, tidak akan sama lagi seperti saat kita melupakannya dulu.

Biasanya kondisi dari aquarium tersebut akan berkarat (akibat terlalu lama terendam air), biasanya juga aquarium tersebut akan mulai ditumbuhi lumut, dan jamur. Kemungkinan besar kita biasanya akan malas menggunakan aquarium tersebut karena kondisi ini.

Sedangkan proses pembersihan aquarium juga bukan merupakan pekerjaan yang mudah, karena biasanya kotoran yang menempel di kaca, juga merupakan kotoran yang sangat bandel dan susah untuk dibersihkan.

Cara pertama yang bisa kita gunakan, dan sering berhasil adalah dengan membersihkan lapisan kaca aquarium dengan menggunakan amplas yang halus, hanya saja pekerjaan ini memerlukan usaha dan ketekunan, karena biasanya kotoran yang menempel sudah sulit untuk dibersihkan.

Memang sebenarnya jika menggunakan amplas yang lebih kasar, maka pekerjaan pembersihan akan lebih cepat selesai, hanya saja amplas kasar tersebut akan sangat beresiko untuk menggores kaca aquarium. Sehingga nanti saat sudah selesai kaca aquarium akan nampak bergaris-garis.

Sebenarnya bisa juga menyikat aquarium tersebut dengan menggunakan sabun colek, tetapi memang waktu yang diperlukan bisa cukup lama. Ada cara lain yang lebih cepat, misalnya saja menggosok kotoran aquarium tersebut, dengan menggunakan pasta gigi / odol sebagai pengganti sabun coleknya.

Tetapi jika ingin hasilnya lebih cepat lagi, maka kita bisa menyiram aquarium yang sudah disikat dengan menggunakan pasta gigi tersebut, dengan menggunakan minuman berkarbonasi atau dengan merk dagang seperti sprite ataupun coca-cola.

Mungkin cara terakhir ini yang paling ampuh menghilangkan kotoran membandel pada aquarium, dan cara ini sudah digunakan oleh banyak teman-teman penghobi ikan. Yaitu, dengan menggunakan obat jamur untuk kaca, dengan merk Titanic (bukan merk kapal tenggelam).

Biasanya obat jamur ini, sering digunakan orang untuk membersihkan jamur dari kaca mobil. Untuk pembeliannya kita bisa mencoba untuk mencarinya di bengkel mobil, ataupun tempat menjual aquarium, tetapi jika di kedua tempat itu anda kesulitan menemukannya, maka anda bisa membelinya di toko on line. Banyak teman yang sudah membuktikan, bahwa obat jamur kaca ini cukup manjur dan efektif.

Tinggalkan Balasan