Harga Bibit Ayam Pedaging / Broiler

Kemarin ada seorang teman yang menjual bibit ayam potong / broiler, hanya saja dia tidak menyebutkan soal kualitas anak ayam tersebut. Jadi, saya tidak tahu apakah anak ayam tersebut termasuk kualitas unggul no 1, ataukah anak ayam hasil sortiran, atau yang tidak lulus kualifikasi.

Untuk harga yang ditawarkan adalah Rp 130 rb / kotak / box. Dan dalam satu kotak, berisi 100 ekor anakan ayam boiler, biasanya juga sudah ditambah dua ekor anak ayam, untuk jaga-jaga jika ada anak ayam yang mati selama pengiriman.

Hanya saja yang menjadi ganjalan adalah jumlah minimal pengambilan yang diminta oleh supliernya, karena setidaknya kita harus mengambil minimal 5 kotak. Hal ini karena ongkos kirimnya akan terlalu mahal bagi penjual, jika mengirimkan dalam jumlah sedikit.

Saya menuliskan harga dari teman saya pada artikel ini, karena untuk di daerah tempat tinggal saya, semua peternak ayam potong akan mengambil bibit dan pakan dari koperasi, dan mereka juga akan menyetor ayam hasil panennya ke koperasi.

Jadi, sistem kerja dari koperasi ayam potong, di tempat tinggal saya, mirip seperti kelompok tani, yang benar-benar untuk memenuhi semua kebutuhan peternak.

Jadi, boleh dibilang bahwa peternak ayam potong di daerah tempat tinggal saya, mereka hanya dibayar untuk mengurus dan membesarkan ayamnya saja. Karena urusan yang lain sudah ditangani oleh koperasi.

2 comments

    • yodi on 28 Mei 2018 at 10:40 pm

    Reply

    minta no tlfn nya

      • Remi on 31 Mei 2018 at 4:39 am
      • Author

      Reply

      Maaf, saya tidak bisa memberikannya saat ini, karena belum melakukan konfirmasi apakah yang bersangkutan bersedia.

Tinggalkan Balasan