Mengatasi Kolam Ikan Koi Keruh, Air Berwarna Hijau, dan Banyak Lumut

Kolam ikan koi berwarna hijau dan terlihat keruh, biasanya disebabkan oleh rontokan lumut yang dimakan oleh ikan koi. Lalu karena lokasi kolam berada di luar ruangan, maka dengan bantuan sinar matahari yang terik, lumut yang terpotong-potong tersebut, selanjutnya akan berkembang biak dan menjadi banyak. Karena itulah, meskipun kita menggunakan sistem penyaringan yang baik, tetap sulit untuk membuat air kolam menjadi jernih.

Untuk cara yang pertama agar air kolam dapat menjadi jernih, yaitu kita bisa menggunakan produk EM4, yang akan kita masukkan ke dalam chamber pertama, untuk takarannya sebanyak satu tutup botol, dan proses ini akan kita ulang setiap dua sampai tiga hari sekali, sampai air kolam bisa bersih.

Kebetulan beberapa teman lain menyarankan juga, agar saat menggunakan produk EM4 tersebut, lebih baik jika ditambahkan dengan pokhot / tetes tebu (hasil sampingan proses penggilingan tebu), mereka mengatakan bahwa hasil penjernihannya dapat berlangsung lebih cepat, perkiraan mereka butuh waktu sekitar seminggu sampai air menjadi benar-benar bersih.

Untuk cara yang lain, seorang teman menyarankan agar memakai clay. Menurut dia, selama menggunakan clay, air kolam miliknya terlihat bersih dan bening, selain itu kotoran yang sudah ditampung di dalam chamber, nampak seperti dilapisi semacam selaput, jadi kotorannya tidak pergi kemana-mana.

Untuk dosis takaran dan proses penggunaan clay ini, kita bisa memberikan satu sendok teh untuk setiap 1,000 liter air kolam, sedangkan cara menggunakannya kita tinggal mecampur clay tersebut, dengan air di sebuah wadah terlebih dahulu, lalu setelah itu kita bisa mulai untuk menyebarkan clay tersebut ke seluruh bagian kolam.

Tinggalkan Balasan