Hal Menarik tentang Telur Ayam

Sebenarnya fakta menarik tentang telur yang saya tuliskan pada artikel ini, bukan berasal dari diri saya pribadi, karena saya juga mendapatkannya dari orang lain. Tetapi setelah saya pikir-pikir ternyata hal-hal ini ada benarnya juga, dan tidak ada salahnya jika orang lain mengetahui hal ini.

Hewan yang paling banyak dibudidayakan manusia untuk diambil telurnya adalah ayam. Biasanya seekor ayam betina bisa bertelur sebanyak 250 – 280 butir telur dalam setahun. Bahkan di daerah sekitar tempat tinggal saya, pemerintah sampai melakukan pembatasan jumlah ternak ayam petelur, hal ini karena terlalu banyak jumlah telur yang dihasilkan, sehingga harga telur terus jatuh, jadi sekarang jumlahnya diatur agar harganya stabil.

Perlu anda ketahui bahwa ada cara yang bisa kita lakukan untuk menguji kualitas telur, apakah telur tersebut sudah tua ataukah masih baru, yaitu dengan cara memasukkan telur ke dalam gelas yang penuh dengan air. Jika, telur tenggelam ke dasar gelas, maka telur tersebut masih segar, tetapi jika telur mengapung di permukaan, maka telur tersebut sudah tua.

Selain itu biasanya kita juga menemukan bercak warna merah di dalam telur, dan sebaiknya kita tidak perlu kuatir dengan hal tersebut. Karena itu hanyalah sisa pembuluh darah dalam kuning telur, dan bercak merah tersebut aman dan bisa dimakan.

Ada cara yang dapat kita lakukan untuk membedakan telur yang sudah dimasak atau belum. Yaitu dengan memutar telur tersebut. Telur yang mentah atau setengah matang, putarannya tidak merata, karena cairan telur yang ada di dalamnya bergerak-gerak. Sedangkan telur yang dimasak sampai matang, putarannya lebih teratur.

Perlu anda ketahui juga bahwa warna kulit telur ayam, tidak mempengaruhi fungsinya bagi kesehatan. Warna kulit telur tergantung dari jenis ras ayam yang menelurkannya.

Selain itu untuk bagian kuning dan putih telur, keduanya memiliki fungsi yang sama baiknya untuk menjaga kesehatan kita. Dan perlu anda ketahui juga, bahwa bagian yang nantinya menjadi ayam adalah bagian kuning telurnya, lalu bagian putih telur adalah cadangan makanan calon ayam, selama dia berada di dalam telur.

Tinggalkan Balasan