Pakan yang baik untuk Ikan Koi

Seperti sama-sama kita tahu, bahwa produk pakan ikan koi, saat ini begitu banyak jenisnya di pasaran, baik dari segi merk dagang, kandungan, dan juga manfaat. Tetapi yang jadi masalah, kita sulit untuk mengetahui pakan mana yang berkualitas, yang baik untuk pertumbuhan ikan koi, dan yang dapat menjaga warna ikan agar tetap cerah.

Karena yang pasti, jika kita mencoba satu-persatu pakan tersebut, maka kita membutuhkan waktu yang cukup panjang, dan pastinya kesehatan ikan kita yang akan menjadi taruhannya. Untuk cara yang lebih cepat, saya rasa dapat dilakukan dengan, mendengarkan pendapat dari orang yang sudah pernah menggunakan pakan yang kita maksud, sehingga ikan kita tidak menjadi bahan percobaan.

Misalnya saja untuk pakan yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan, menurut beberapa teman, pakan dengan merk Sankoi yang khusus untuk pertumbuhan (growth), kualitasnya cukup baik untuk menunjang pertumbuhan ikan. Selain itu, beberapa teman lain juga mengatakan, bahwa pemberian pakan tersebut, yang dicampur dengan Breeder Pro, hasilnya juga cukup bagus, untuk pertumbuhan ikan.

Tetapi untuk warna ikan, yaitu untuk dapat mempertajam warna tubuhnya, beberapa teman menyarankan agar menggunakan spirulina.

Beberapa orang teman yang lain, mengatakan bahwa hampir semua pakan yang khusus untuk ikan koi, sudah memiliki kadar gizi yang cukup baik. Tetapi selain pemberian pakannya, sebaiknya yang harus mendapat perhatian dari para penghobi adalah sistem filterisasi / penyaringan air kolam tersebut.

Jadi, jika kondisi kolam bersih, maka ikan akan tetap sehat, dan pastinya nafsu makannya juga akan tetap terjaga. Dan untuk mejaga agar sistem penyaringan air kolam dapat berjalan dengan baik, maka sebaiknya menggunakan box filter, yang ditempatkan di bagian atas kolam. Karena sebagian penghobi koi menggunakan sistem penyaringan, yang ruangan penyaringannya diletakkan sejajar dengan kolam ikan.

Jika kita menggunakan box filter yang diletakkan terpisah dari kolam, maka kotoran dari dalam kolam tidak tercampur kembali dengan air kolam, atau dengan kata lain kotorannya akan langsung terpisah. Sehingga saat kita mencuci box fiter tersebut, maka kotoran tidak akan kembali masuk ke dalam kolam.

Tinggalkan Balasan