Bakteri Pengurai yang ada di dalam Bio Ball

Untuk anda yang belum tahu apa itu bio ball, karena selama saya melakukan beberapa jenis budidaya, dan sepertinya hanya para peternak ikan koi yang menggunakan bio ball ini. Bio ball adalah salah alat / bahan yang digunakan oleh para pembudidaya dalam menyaring kotoran yang ada di dalam kolam ikan koi. Jadi, bisa dikatakan semacam jaring.

Bisanya bio ball ini diletakkan pada salah satu ruangan penyaringan (chamber), karena dalam sistem penyaringan sendiri juga terdiri dari beberapa chamber, dan masing-masing chamber diisi bahan-bahan tertentu, yang berfungsi untuk menyaring partikel tertentu juga. Dan salah satunya diisi dengan bio ball.

Beberapa waktu yang lalu ada juga orang yang bertanya, apakah bio ball itu sudah ada bakterinya saat baru dibeli? Karena mereka baru pertama kali mencoba untuk budidaya ikan koi. Sebenarnya bio ball bersih sama sekali dari bakteri dan bahan lainnya pada saat membelinya, hanya saja pada saat bio ball tersebut dimasukkan ke dalam chamber, maka dia akan ditumbuhi oleh bakteri dengan sendirinya, tanpa harus diapa-apakan.

Tetapi sebenarnya jika ingin lebih cepat untuk ditumbuhi bakteri, maka ada yang menjual bakteri starter untuk diletakkan pada bio ball, untuk merknya beberapa teman menggunakan produk dari EM4, jadi untuk pemakaiannya pada saat pertama kali digunakan maka chamber yang ada bio ballnya akan dimasukkan 2 – 3 tutup botol EM4, dan untuk pemakaian rutin, setiap satu minggu sekali kolam diisi bakteri tersebut, dengan takaran satu tutup botol.

Sebenarnya menurut beberapa orang bahwa fungsi dari bakteri yang ada di dalam chamber adalah untuk membersihkan partikel berbahaya yang ada di dalam kolam. Tetapi untuk kejelasannya masih diragukan juga, karena untuk jenis partikel seperti apa yang dibersihkan, juga masih belum banyak yang tahu, meskipun hal itu yang banyak dipercaya oleh para peternak ikan koi.

Usahakan juga pada saat anda sudah memasukkan bakteri starter ke dalam chamber yang diberi bio ball, anda juga mengalirkan aerator dan pompa air dengan kekuatan yang lebih besar ke dalam chamber. Hal ini dikarenakan bakteri yang ada di dalam chamber, juga memerlukan oksigen dalam jumlah yang cukup banyak, untuk dapat hidup dan berkembang dengan baik.

Tinggalkan Balasan