Munculnya Lumut di Kolam Ikan Koi

Beberapa orang teman bercerita bahwa kolam ikan koi milik mereka saat ini, sedang ditumbuhi lumut yang sangat banyak. Lumut ini membuat kolam mereka nampak jelek, bahkan air kolam mereka juga menjadi kehijau-hijauan, dan tidak bisa menjadi jernih, bahkan dengan menggunakan sistem penyaringan yang baik sekalipun, sulit untuk membuat air kolam menjadi jernih.

Karena itu banyak dari mereka yang memilih solusi paling cepat, yaitu dengan melakukan pengurasan. Memang cara ini cukup efektif dalam menghilangkan lumut, tetapi yang jadi masalah ketika kolam ikan mereka, berada di tempat yang mendapat banyak sinar matahari, maka lumut-lumut yang sebelumnya bersih, akan segera muncul kembali dengan jumlah yang sama banyaknya.

Sebenarnya lumut yang ada di dalam kolam ikan koi tersebut, memang tidak sepenuhnya memangganggu, karena lumut yang ada di dalam kolam bisa, menjadi makanan ikan koi. Bahkan menurut cerita dari teman yang lain, untuk ikan koi yang ada di Jepang sana, sebelum ikan tersebut mengikuti kontes, maka ikan akan ditempatkan pada kolam yang penuh dengan lumut, setidaknya selama dua bulan.

Dan selama dua bulan tersebut, ikan tidak diberi pakan tambahan lain, dan ikan hanya memakan lumut yang ada di dalam kolam tersebut, ternyata cara ini dilakukan, karena ikan yang memakan lumut dalam jumlah banyak, akan memiliki warna merah yang lebih cerah dan mencolok.

Meskipun warna ikan akan terlihat semakin bagus, tetapi teman penghobi koi yang ada di Indonesia, sepertinya kurang suka jika di kolam budidaya mereka ditumbuhi banyak lumut. Karena menurut mereka, ikan koi dalam memakan lumut, akan memotong-motong lumutnya menjadi serpihan-serpihan kecil, sehingga membuat air kolam tidak pernah bersih, dan selalu berwarna hijau, dengan potongan-potongan lumut yang mengambang.

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang dilakukan oleh para penghobi ikan koi, untuk dapat mengurangi pertumbuhan jumlah lumut di kolam mereka, yaitu dengan memasukkan ikan sapu-sapu ke dalam kolam ikan koi. Hal ini karena menurut beberapa orang, bahwa ikan sapu-sapu tersebut akan memakan lumut yang ada di dalam kolam sampai habis.

Tetapi menurut beberapa teman lainnya lagi, bahwa jika jumlah lumut yang ada di dalam kolam terlalu banyak, maka sebenarnya ikan sapu-sapu beserta ikan koi, tidak akan sanggup untuk menghabiskan lumut tersebut, sehingga kolam akan tetap terlihat kotor.

Sebenarnya cara yang cukup efektif untuk mengurangi jumlah lumut yang ada di dalam kolam ikan koi dan juga kolam ikan lainnya, adalah dengan mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kolam. Dengan cara ini, maka lumut yang ada di dalam kolam akan berkurang secara perlahan-lahan, dan tidak akan tumbuh dengan banyak lagi. Biasanya teman saya menggunakan jaring paranet, sebagai bahan untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kolam.

Jadi caranya, jaring akan dibentangkan di atas kolam sebagai atap, untuk mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam kolam.

Tinggalkan Balasan