Perbandingan antara jumlah ikan lele dengan luas kolam

Untuk setiap peternak ikan dapat memiliki angka sendiri tentang perbandingan jumlah bibit yang ditebar dengan luasan kolam. Jika para peternak ikan lele sudah berada dalam taraf mahir, maka dia dapat menentukan metode apa yang paling tepat dan paling efisien dalam budidaya ikan lele. Sehingga para peternak itu dapat menghasilkan keuntungan yang paling maksimal.

Dengan metode yang sudah saya gunakan, dan sudah saya jelaskan dalam beberapa artikel sebelumnya maka dengan cara tersebut saya mendapat hitungan untuk angka efisiesi tertinggi. Yaitu untuk setiap meter persegi kolam ikan yang saya miliki, maka saya hanya dapat mengisi dengan 200 ekor bibit ikan lele, tetapi untuk jumlah maksimum yang dapat saya isi dalam setiap meter persegi kolam ikan adalah 250 ekor bibit ikan lele. Dalam hal ini, ketinggian untuk air kolam ikan dalam ukuran yang standart, sekitar 40 – 50 cm.

kolam ikan dengan plastik terpal

Dengan metode yang saya gumakan maka jika saya mengisi kolam ikan, yang ternyata jumlahnya melebihi angka tersebut, atau mungkin yang sering disebut oleh orang lain dengan istilah padat tebar (mengisi bibit dengan jumlah yang melebihi kapasitas kolam), maka tingkat efisiesinya akan semakin jauh menurun, karena jumlah kilogram hasil panen ikan lele dengan jumlah bibit yang sudah ditebar, akan sangat tidak sebanding. Belum lagi dengan banyak biaya lain dan juga tenaga yang sudah saya keluarkan, akan membuat selisih keuntungan menjadi semakin menipis.

Tetapi saya tidak mengatakan bahwa metode orang lain lebih jelek dari metode yang saya gunakan, hanya saja cara aplikasi pengetahuan dan juga pengalaman dari setiap orang itu berbeda-beda, belum lagi sumber daya dan juga permasalah dari setiap tempat juga sangat spesifik, sehingga metode yang digunkan oleh seseorang, belum tentu dapat menghasilkan jumlah yang sama, jika digunakan oleh orang lain.

Hal yang menarik dalam jumlah hitungan saya tersebut, ternyata jika kita mengaplikasikannya dengan jumlah bibit ikan yang banyak, dengan luas kolam yang besar, dengan jumlah kolam yang banyak. Maka nilai dari keuntungan yang diperoleh akan semakin besar juga. Dengan kata lain maka pengeluaran biaya akan menjadi semakin efisien. Akibatnya keuntungan yang kita peroleh menjadi semakin banyak.

    • Rohmat on 12 Juli 2020 at 9:33 am

    Reply

    Assalamualaikum mas sy mau mulai ternak lele punya lokasi kolam terpal 3×3 ada 3kolam idealnya masing2 di isi berapa ya trmksih wassalamualaikum

      • Remi on 4 Agustus 2020 at 5:07 am
      • Author

      Reply

      Kalau nantinya lele ini hanya dibesarkan sampai ukuran konsumsi saja, maka biasanya di daerah saya jumlah 2.000 – 3.000 ekor masih masuk hitungan. Bahkan jika tebar padat, maka jumlah ikannya bisa 5.000 – 6.000 ekor. Hanya saja jika anda masih pemula, sebaiknya dimulai dulu dari jumlah yang sedikit, misalnya 1.000 – 1.500 ekor lebih dahulu.

    • Dimas andrianto on 6 Agustus 2020 at 5:51 pm

    Reply

    Assalamualaikum mas mau tanya ni,kalo perut ikan kembung isi dalam perutnya air,cara ngatasinnya gimana ya?

      • Remi on 12 Agustus 2020 at 5:18 am
      • Author

      Reply

      Setahu saya, masukkan saja beberapa ikat daun kemangi ke dalam kolam, tetapi jika kondisi ikan sudah parah, maka kadang cara ini juga kurang efektif. Karena itu sebelum ikan kena kembung, kesehatan ikan harus dijaga dengan baik.
      Kalau satu kolam saya terkena kembung, maka biasanya saya sudah pasrah, karena resikonya cukup tinggi untuk menyebabkan kematian.

    • Rio on 14 Agustus 2020 at 6:01 pm

    Reply

    Selamat sore pak saya mau bertanya
    Kolam saya bulat dia 2 meter , kalo saya isi 1000 ekor UK lele 4-5 tanpa filter air cuma sifon sendiri sama ganti air rutin 4-7 hari 1 x seminggu bisa panen sampe lele UK 1 kg isi 6-8 tidak pa misalkan bibit hidup 700 ekor
    Terima kasih

      • Remi on 20 Agustus 2020 at 6:12 am
      • Author

      Reply

      jika pertanyaannya bisa atau tidak, maka jawabannya adalah BISA. Tetapi yang mau saya tekankan di sini bahwa untuk bisa besar lele memerlukan waktu untuk besar, lagi pula menu pakan, jumlah pakan, intensitas pemberian pakan, juga sangat menentukan kecepatan pertumbuhan ikan. Jadi, selama kita bisa memenuhi syaratnya, maka selama tidak terjadi hal di luar dugaan, maka semuanya itu masih sangat mungkin.

    • Ridwan on 11 September 2020 at 7:25 pm

    Reply

    Salam kenal pak remi, Mohon info dan masukanya, karena keterbatasan lahan, apakah bisa budidaya lele tebar padat 1000/m3 sampai panen dan sistem apa yg cocok unt budidayanya, mohon maaf terimakasih atas jawabanya

      • Remi on 16 September 2020 at 5:28 am
      • Author

      Reply

      Mohon maaf sebelumnya, karena saya sendiri belum pernah melakukan teber bibit sampai sepadat itu, bahkan saya juga belum pernah melihat peternak lele di sekitar rumah saya yang bisa melakukan budidaya sepadat itu. Karena pastinya resikonya sangat besar, bahkan yang ada malah rugi, biasanya setiap peternak akan menghitung dulu berapa jumlah kepadatan yang paling memungkinkan bagi mereka. Dan penentuan jumlah tebar bibit ini sangat ditentukan oleh pengalaman peternak itu sendiri. Jadi, pak Ridwan, sebaiknya anda mulai dulu saja usaha budidayanya, pastinya setelah panen yang kesekian kalinya, anda akan menemukan sendiri metode apa yang sesuai dengan kondisi anda beserta dengan jumlah bibit yang harus ditebar.

    • Alifan Dafa on 5 Oktober 2020 at 11:03 pm

    Reply

    Mas mau tanya saya pemula kolam terpal saya ukuran 2m*1m*50cm kira2 di isi brp iy idealnya dan airnya ketinggian berapa….? Mohon pencerahannya terima kasih

      • Remi on 11 Oktober 2020 at 5:56 am
      • Author

      Reply

      Isi saja dulu dengan 100 atau 200 ekor, untuk ketinggian segitu, mungkin 30 cm sudah cukup, hanya saja harus hati-hati, karena saat lele sudah mulai besar, sering kali lele bisa loncat keluar.

    • Alifan Dafa on 5 Oktober 2020 at 11:05 pm

    Reply

    Saya pemula ukuran terpal saya 2 m * 1 m * 50 cm kira2 idealnya di isi brp bibit dan airnya ketinggian brp….?

    • Eko n on 9 Oktober 2020 at 9:16 pm

    Reply

    Mas mau tanya.. untuk ukuran ketinggian kolam itu rata2 berapa cm ya ? Kalau saya baca2 di artikel2 google sktr 35-40 cm ada yg 80cm dll. Mohon infonya.

      • Remi on 11 Oktober 2020 at 6:00 am
      • Author

      Reply

      Tidak ada yang pasti, karena setahu bahwa pemilihan ketinggian kolam itu tergantung dari teknik budidaya yang digunakan peternak. Dan setiap pemilihan ketinggian kolam itu pasti ada kekuarangan dan kelebihannya masing-masing, jadi saran saya anda harus mencoba untuk beternak dulu yang sederhana, nantinya anda akan bisa mengerti soal pemilihan ketinggian kolam tersebut.

    • Suhendri on 1 November 2020 at 7:26 pm

    Reply

    Maaf mau tanya kalo kolam uk 2x1x0,50 biasa di isi brpa ekor ya

      • Remi on 16 November 2020 at 9:33 pm
      • Author

      Reply

      Untuk jumlah maksimalnya saya rasa masih bisa sampai 500 ekor. Tetapi jika anda ingin memelihara ikan sampai ukuran cukup besar, maka jumlah maksimalnya sekitar 200 ekor. Karena jika ukuran kolam terlalu kecil, dan jumlahnya padat, maka yang terjadi biasanya ikan yang besar akan memangsa ikan yang lebih kecil. Malah kadang-kadang kita bisa tidak jadi panen.

    • Asep Rahmat jatnika on 2 November 2020 at 1:29 am

    Reply

    Assalamualaikum selamat malam menjelang pagi mohon maaf pak numpang tanya, saya pemula buat kolam ukuran lebar 4m x panjang 6m Bagus nya itu di isi untuk berapa bibit lele ya dan yang bagus dalam nya berapa kira kira saya kolam tanah sawah dan Air bagus di Alirkan terus atau tutup karena saya air dari irigasi bisa ngalir jika di perlukan mohon penjelasannya pak Terimakasih ?

      • Remi on 16 November 2020 at 9:27 pm
      • Author

      Reply

      Kalau memang anda punya kolam yang airnya mengalir terus, maka sebaiknya anda coba untuk beternak ikan jenis lain yang lebih ekonomis, misalnya saja jenis mujaer saat anda sekali melakukan tebar bibit, maka anda tidak perlu lagi menebar bibit berikutnya karena ikan jenis ini bisa berkembang biak terus. Atau jika anda juga lebih mahir, anda bisa beternak ikan koi, karena ikan koi memerlukan air yang mengalir dengan kondisi bersih, tetapi harga jualnyapun juga lebih mahal. Kalu tidak jenis gurame, bawal, atau ikan gabus juga bisa.

      Tetapi jika anda ingin memelihara ikan lele, maka sebaiknya gunakan saja kolam air tenang, dan proses pergantian airnya dilakukan saat kondisi air sudah mulai keruh dan kotor saja. Karena ikan lele adalah jenis ikan yang hidup pada lingkungan yang airnya tenang.

  1. Reply

    Ass. Pk, kalau untuk pemula 3 kolam terepal dengan ukuran kolam 2×3×1 berapa ribu tebar bibit lele …mohon penjelasannya…?

      • Remi on 16 November 2020 at 9:21 pm
      • Author

      Reply

      Untuk awalan coba saja dulu dengan 1.000 – 2.000 ekor bibit dulu. Nanti setelah anda sudah mulai mahir dalam beternak lele, maka jumlahnya bisa ditambah terus, untuk jumlah maksimalnya, mungkin bisa sampai 5.000 ekor. Tetapi tidak menutup kemungkinan, bahwa jika anda cukup mahir maka jumlahnya bisa lebih dari itu.

    • Muhammad on 30 November 2020 at 11:15 pm

    Reply

    Assalamu’alaikum
    Mohon infonya
    1.Untuk uk terpal 2x1x1/5 kapasitas ikan lele nya berapa ekor ya
    2.dan bagaimana cara memberi makan dg benar perhari nya dan takaran pakan nya,soalnya takut kkuranfan atau klebihan pakan
    Trimakasih

      • Remi on 13 Januari 2021 at 8:55 am
      • Author

      Reply

      1. Mungkin sekitar 1.000 ekor kalau dewasa. Tapi sebaiknya coba dulu dengan jumlah yang sedikit, kalau ukuran seperti itu sebaiknya dimulai dari 300 ekor saja dulu.
      2. Untuk Pemberian pakan biasanya saya memberikannya pada saat tidak banyak sinar matahari, pagi sekitar jam 5 pagi dan sore sekitar maghrib. Untuk jumlahnya setidaknya saya hanya memberikan 80% kenyang, dan kalaupun sampai kebanyakan sisa pakan yang masih tertinggal di kolam harus diambil, karena bisa mengakibatkan ikan kekenyangan, yang malah bisa membuat ikan jadi mati.

    • yatno on 19 Maret 2021 at 7:00 pm

    Reply

    asslamualaikum. pak mau tanya kolam saya ukuran 2,5 x3,5 x 75 bagus nya dibisi binit berapa ekor.?? terus bagus nya kolam terpal di diam kan berapa hari dulu baru di isi bibit trimakasih.

      • Remi on 10 April 2021 at 8:29 am
      • Author

      Reply

      Kalau masih pemula sebaiknya dimulai dari yang paling sedikit dulu, jadi bisa dicoba dengan mengisinya dengan 500 ekor terlebih dahulu, biasanya untuk peternak yang sudah lebih mahir biasanya mereka akan mengisi dengan jumlah minimal sekitar 1.500 – maksimal 3.500 ekor. Tetapi jangan buru-buru untuk mencoba untuk mencapai angka tersebut, karena dalam beternak semuanya perlu proses dan kesabaran.

      Sedangkan untuk berapa lama air didiamkan sampai bisa diisi bibit, biasanya kami menunggunya sampai muncul jentik-jentik nyamuk di dalam kolam, karena jentik-jentik nyamuk tersebut adalah tanda bahwa air kolam sudah siap digunakan, sedangkan cara yang biasa kami gunakan untuk memicu agar jentik-jentik nyamuk cepat muncul di dalam kolam, yaitu dengan menyebarkan bekatul ke seluruh bagian kolam, lalu tambahkan probiotik. Tetapi ada juga peternak yang menggunakan kotoran kambing yang disimpan di dalam karung, dan nantinya setelah muncul jentik-jentik nyamuk, maka kotoran tersebut akan diambil kembali, dan mereka bilang bahwa hasil jentik-jentik nyamuk yang menggunakan kotoran kambing hasilnya lebih bagus, jentik-jentiknya sangat banyak dan ukurannya lebih besar-besar. tetapi ingat bahwa juga perlu dipicu dengan menggunakan probiotik.

    • Ar rafi veneca on 31 Maret 2021 at 2:54 pm

    Reply

    Mau tanya kk ukuran kolam 4 x 2 x 1 meter berpa muatan ikan lele nya yaa kak

      • Remi on 10 April 2021 at 8:40 am
      • Author

      Reply

      Kalau sudah pengalaman, mulai dari 1.500 ekor sampai maksimal 4.000 ekor. Tetapi jika kamu masih pemula sebaiknya dimulai dari jumlah yang sangat sedikit dulu, misalnya coba pelihara 500 ekor terlebih dahulu. Karena pengalaman kami bahwa semua peternak pemula akan mengalami kematian masal pada ikannya saat baru pertama kali mulai menjadi peternak. Jadi, untuk meminimalkan kerugian dan sebagai media pembelajaran, sebaiknya dimulai dari jumlah yang sangat sedikit terlebih dahulu. Biasanya setelah tebar bibit yang kedua dan ketiga peternak sudah memiliki pengalaman yang cukup, dan baru pada saat itu jumlah bibit ikan yang ditebar bisa ditambah sesuai dengan kesanggupannya.

      Selamat mencoba menjadi peternak ikan lele.

    • Herman on 20 November 2021 at 2:46 pm

    Reply

    Jazakallah khairan untuk ilmunya pak.

Tinggalkan Balasan