Harga Ikan Garra Rufa

Saat ini spa ikan, atau terapi ikan sudah banyak terdapat di Indonesia, bahkan jumlahnya boleh dikatakan terus mengalami penambahan. Di tengah berkembangnya bisnis terapi ikan, ternyata ada beberapa laporan dari para ahli yang mengatakan bahwa para konsumen harus berhati-hati.

Hal ini dikarenakan tempat yang kurang bersih, higienis, dan juga sehat, akan dapat menjadi tempat penularan penyakit berbahaya. Hal ini karena ikan dan air kolam dapat menjadi tempat untuk perpindahan penyakit dari satu orang ke orang yang lain.

Karena hal tersebut maka sekarang banyak orang yang mulai beternak ikan garra rufa di rumah. Dengan tujuan agar mereka dapat memiliki tempat spa pribadi, yang tidak dicampur dengan orang lain, dan pastinya akan lebih bersih dan lebih terjaga kesehatannya.

Saat ini sudah ada beberapa orang yang menjual ikan garra rufa, baik secara langsung ke tempat budidaya, maupun dijual secara online. Sedangkan untuk harga dari ikan garra rufa sendiri, bisa bermacam-macam mulai dari yang ukuran kecil, biasanya dijual dengan harga Rp 1.250 – Rp 2.000 / ekor. Dan untuk ikan yang sudah berukuran besar biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 – Rp 6.000 / ekor.

Dan jika anda memilih untuk melakukan spa ikan di lokasi umum, biasanya dihargai Rp 50.000 – Rp 75.000 / sesi. Biasanya satu sesi berdurasi sekitar 15 menit. Hanya saja harga untuk setiap sesi terapi ikan ini bisa berbeda-beda antara satu tempat dengan tempat yang lain, tergantung dari kotanya dan juga tempat untuk melakukan terapi ini.

Semakin mewah tempatnya, maka biasanya akan semakin mahal juga biaya terapinya. Meskipun jenis ikan yang mereka gunakan sama jenisnya.

Selain dari tempatnya, saya juga mendengar bahwa ada beberapa tempat spa, yang tidak menggunakan ikan jenis garra rufa sebagai ikan terapinya, tetapi menggunakan ikan jenis chinchin, dan tempat yang menggunakan ikan chinchin ini bisa lebih murah biaya spanya, karena harga jual ikan chinchin bisa lebih murah dari pada harga jual ikan garra rufa.

Tetapi anda patut untuk waspada jika ada tempat yang menggunakan ikan chinchin sebagai ikan terapinya, karena ikan jenis ini memiliki gigi yang dapat melukai kulit, dan ukuran ikan chinchin juga cukup besar, sehingga ikan ini dapat menyebabkan luka pada kulit saat melakukan terapi. Selain itu ikan chinchin juga dapat menjadi ikan pembawa bibit penyakit, atau sebagai ikan penyebar penyakit dari satu orang ke orang yang lain.

Tinggalkan Balasan