Bahayanya Pohon di Samping Kolam

Beberapa waktu yang lalu seorang teman bercerita bahwa dia ingin membuat kolam ikan di pekarangan rumahnya, memang untuk sekarang ini, di pekarangan tersebut masih terdapat banyak pohon, dan juga rumput-rumputan. Untuk kolam yang dia inginkan adalah jenis kolam yang bisa digunakan untuk memelihara ikan koi.

Sedangkan untuk pohon yang saat ini tumbuh di pekarangan teman saya ini adalah jenis pohon mangga, menurut dia jika berbuah maka pohon mangga ini rata-rata hasilnya sangat banyak, dengan kondisi buah yang cukup manis.

Sebenarnya dari teman-teman lain sudah mengingatkan bahwa jika dia ingin membuat kolam di pekarang tersebut, maka sebaiknya pohon-pohon tersebut ditebang terlebih dahulu, lalu akar-akar yang ada di dalam tanah juga dibersihkan sebisa mungkin. Tetapi pada awalnya teman saya ini mengatakan bahwa sayang jika harus menebang pohon mangga tersebut.

Tetapi teman lain mengatakan alasan mengapa pohon yang ada di sekitar kolam harus ditebang dan dibersihkan terlebih dahulu. Hal pertama, karena saat pohon masih hidup maka akar pohon mangga tersebut bisa merusak konstruksi dinding kolam, sehingga kolam yang akan dibuat tersebut akan menjadi mudah bocor.

Apalagi jika ditambah dengan konstruksi dinding kolam tersebut cukup sederhana, dan pada bagian dalam kolam hanya dilapisi dengan acian semen biasa, maka kekuatan akar pohon mangga tersebut bisa menembusnya dengan mudah, dan akan mengakibatkan kebocoran kolam. Jika, sudah begini maka biaya renovasi akan jauh lebih mahal dari pada biaya pembuatan awal.

Selain itu daun dari pohon mangga yang masuk ke dalam kolam ikan koi, bisa mencemari air kolam sehingga  menyebabkan air kolam berubah menjadi kekuningan, dan karena sampah daun tersebut, maka kita akan sangat sulit untuk mendapatkan air kolam yang jernih.

Belum lagi dengan adanya sampah daun tersebut, maka resiko ikan koi kita terserang kutu menjadi semakin besar, dan bukan tidak mungkin serangan seperti ini bisa menyebabkan kematian ikan. Menurut beberapa teman, kutu yang menyerang ikan koi karena sampah daun seperti ini yaitu berbentuk kecil keputihan, mirip seperti beras.

Mungkin yang perlu diketahui juga, bahwa pohon yang rindang di samping kolam bisa menghalangi sinar matahari yang akan masuk ke dalam kolam. Seperti kita tahu bahwa ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang memerlukan sinar matahari dalam jumlah yang cukup, untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan dan kesehatannya.

Jadi, memang sayang jika harus memotong pohon mangga tersebut, tetapi teman saya ini disarankan untuk memilih salah satunya, karena pastinya keduanya tidak akan bisa berjalan secara berdampingan, dan tetap harus ada yang dikorbankan.

Tinggalkan Balasan