Istilah “F1” dalam Budidaya Ikan Koi

Mungkin anda sering mendengar istilah F1 sebagai balapan mobil paling terkenal di dunia. Tetapi sebenarnya di dalam dunia peternakan ada juga istilah yang menggunakan F1 ini, tetapi mohon dibedakan bahwa dalam setiap beternak hewan tertentu, maka istilah F1 bisa memiliki arti yang berbeda pula.

Misalnya saja jika istilah F1 digunakan pada peternak burung kenari, maka artinya adalah burung yang memiliki kualitas yang baik, ukuran tubuh besar, dan pastinya harga yang mahal, jika dibandingkan dengan burung kenari lokal. Tetapi untuk burung kenari biasanya untuk kualitas yang lebih bagus lagi mereka masih memiliki kelas F2, dan untuk kelas yang paling baik yang saya tahu adalah kelas F3.

Sedangkan dalam dunia ikan koi istilah F1 artinya berbeda dengan istilah yang digunakan dalam beternak burung kenari. Jadi penyebutuan ikan koi F1, berarti ikan tersebut merupakan hasil keturunan pertama dari pasangan indukan ikan koi, boleh dibilang bahwa indukan ikan koi tersebut masih perjaka dan perawan.

Karena indukannya masih baru pertama kali punya keturunan, maka banyak peternak ikan koi yang mengatakan bahwa hasil anakan pertama tersebut, kondisi gen dalam tubuhnya masih belum stabil.

Jadi, karena masih merupakan keturunan yang pertama, maka gen yang ada di dalam dirinya masih belum sama dengan indukannya. Mungkin yang disebut dengan gen di sini dapat diartikan sebagai warna ikannya, sifat ikan, ukuran ikan, dan bentuk tubuh ikan.

Beberapa peternak ikan koi mengatakan bahwa anakan ikan koi yang merupakan hasil kelahiran yang kedua dan seterusnya akan memiliki kualitas yang sudah menyamai indukannya, sehingga kualitasnya juga sudah dapat terlihat. Tetapi hal ini bukan berarti ikan koi F1 tersebut berada dalam kondisi yang tidak sehat, ataupun tidak indah, hanya saja penyebutan F1 lebih sering digunakan sebagai petunjuk oleh calon pembeli soal indukan ikan.

Tinggalkan Balasan